oleh

Tim Arkeolog Temukan ‘Mr.P Raksasa’ Berusia 2.000 Tahun Saat Penggalian Jalan di Inggris

Kabar6-Tim arkeolog yang mengerjakan proyek jalan terbesar di Inggris, Cambridgeshire, terkejut saat menemukan batu kilangan berusia 2.000 tahun, dihiasi dengan lingga yang disempurnakan.

Ukiran kuno bergambar Mr.P raksasa tadi ditemukan terukir pada relik kuno. Pimpinan arkeologi Jalan Raya Inggris untuk proyek A14 bernama Steve Sherlock, melansir Newsmail, mengatakan bahwa batu kilangan bergambar Mr.P raksasa ini penting karena menambah bukti gambar semacam itu dari Britania Romawi.

Ada asosiasi yang diketahui antara gambar lingga dan penggilingan, seperti yang ditemukan di atas toko roti Pompeii, yang bertuliskan ‘Hic habitat felicitas’ yang artinya ‘Anda akan menemukan kebahagiaan di sini’.

“Lingga Mr.P raksasa dipandang sebagai gambaran penting dari kekuatan dan kejantanan di dunia Romawi, dengan itu menjadi praktik umum bagi para legiun untuk memakai jimat lingga, yang akan memberi mereka keberuntungan sebelum pertempuran,” terang Sherlock.

Sementara itu Dr Ruth Shaffrey, dari Oxford Archaeology, menambahkan, “Temuan Mr.P raksasa ini salah satu dari empat temuan yang diketahui dari batu gilingan Romano-Inggris yang didekorasi dengan cara ini, batu kilangan A14 adalah penemuan yang sangat penting.”

Batu gilingan bergambar Mr.P raksasa yang secara tradisional digunakan untuk menggiling biji-bijian, baru-baru ini disatukan oleh arkeolog MOLA Headland Infrastructure. ** Baca juga: Nekat Jual Ginjal Demi Beli Mobil Idaman

Menurut Highways England, Quern yang dihias, perkakas batu untuk bahan gerinda tangan, dan batu gilingan dari segala tanggal sangat langka, dengan hanya empat batu gilingan Romawi yang ditemukan dari sekira total 20 ribu di seluruh negeri.

Ini adalah yang terbaru dari lusinan penemuan Mr.P raksasa membingungkan yang dibuat oleh para arkeolog yang mengerjakan proyek peningkatan A14 senilai £1,5 miliar di Jalan Raya Inggris di Cambridgeshire, yang dimulai pada November 2016 dan selesai pada Maret 2020.(ilj/bbs)

Berita Terbaru