oleh

Studi Ungkap, Tidur Siang Bantu Otak Awet Muda

Kabar6-Selama pandemi COVID-19, banyak orang bekerja dari rumah dan tidak bebas bepergian demi menjaga kesehatan. Tidak dipungkiri, kegiatan monoton ini membuat Anda mudah merasa bosan.

Tahukah Anda, waktu luang yang dimiliki ternyata lebih baik dimanfaatkan untuk tidur siang. Mengapa begitu? Tidak hanya tidur di malam hari yang dibutuhkan orang dewasa, tidur siang ternyata juga dibutuhkan, bahkan memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah menjaga kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School, melansir Fimela, menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak, meningkatkan konsentrasi dan menguatkan ingatan. Waktu yang dibutuhkan sekira 45 menit hingga dua jam untuk tidur siang, dan itu sangat membantu mengembalikan kesegaran otak yang lelah bekerja.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Journal of the American Geriatrics Society ini menyebutkan, otak akan bekerja lebih baik ketika mendapatkan waktu istrahat ketika lelah bekerja di siang hari.

Baik yang tidur siang hanya 45 menit maupun yang dua jam lamanya, keduanya sama-sama mendapatkan manfaat mengalami peningkatan kemampuan kognitif. ** Baca juga: Bagaimana Agar Masker Kain Bekerja Maksimal Cegah Penyakit?

Jadi, ketimbang menghabiskan waktu menatap layar ponsel, berikan tubuh waktu tidur siang untuk menyegarkan otak. (ilj/bbs)

Berita Terbaru