oleh

Bagaimana Agar Masker Kain Bekerja Maksimal Cegah Penyakit?

Kabar6-Banyak orang berinisiatif memproduksi hingga membuat sendiri masker kain untuk digunakan sehari-hari, karena kelangkaan masker selama pandemi COVID-19 ini. Nah, apabila Anda berencana memakai masker kain, perhatikan cara pemakaiannya yang benar.

Dalam sebuah penelitian ahli di Vietnam yang diterbitkan oleh Research Gate, melansir Womantalk, sebenarnya terbukti bahwa penggunaan masker kain tidak terlalu efektif dan bahkan bisa menghasilkan infeksi yang lebih besar daripada mereka yang memakai masker bedah.

Namun dalam kondisi seperti sekarang ini, lebih baik memakai masker kain daripada tidak sama sekali. Anda bisa membuat masker kain yang digunakan berfungsi mencegah penyakit dengan maksimal, asalkan menerapkan tata cara penggunaan masker kain yang tepat. Apa sajakah itu?

1. Pastikan masker kain terbuat dari katun dan handuk teh. Menurut Robert Redfield, Direktur Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, katun terbukti memberikan perlindungan yang normal dibandingkan bahan lainnya.

2. Gunakan sisi yang sama untuk penggunaan seterusnya. Agar mudah, buat bagian dalam dan luar masker dari kain yang berbeda untuk menandainya.

3. Setelah dipakai langsung cuci masker kain dan jangan disimpan. Agar aman, siapkan masker kain dalam jumlah banyak untuk gonta-ganti setiap hari.

4. Lepaskan masker kain dari bagian tali di kuping dan tarik ke depan
Hindari memegang bagian depan masker dengan tangan karena bagian tersebut sudah terpapat banyak kuman dari lingkungan sekitar.

5. Jangan memegang bagian dalam masker yang bersentuhan dengan mulut menggunakan tangan Anda
6. Jangan menurunkan masker ke arah dagu atau leher untuk makan dan kemudian memakainya lagi. Anda justru memasukkan kuman di bagian dalam masker kain.

7. Jemur masker kain di panas matahari langsung saat suhu terik. Jika tidak, keringkan masker kain di suhu panas tinggi. ** Baca juga: Perhatikan 4 Gejala Ringan COVID-19

Ada banyak cara membuat masker kain yang bisa Anda pelajari. Jika digunakan dengan benar, masker kain bisa bekerja maksimal melindungi diri Anda dari aneka penyakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru