oleh

Stres Bisa Juga Sebabkan Nyeri di Tubuh, Lho

Kabar6-Pernahkan Anda merasakan nyeri pada anggota tubuh tertentu, padahal tidak melakukan kegiatan yang melelahkan? Jika hal ini terjadi saat Anda sedang memiliki banyak beban pekerjaan atau pikiran, bisa jadi nyeri pada tubuh disebabkan oleh stres.

Menurut para ahli, melansir Womantalk, stres lebih dari sekadar masalah mental. Dengan gaya hidup yang dapat berubah dengan cepat saat ini, stres dapat lebih mudah terjadi dan bukan tidak mungkin tersimpan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan masalah fisik yang serius. Sementara seorang chiropractor bernama Dr. Lily Freidman, menjelaskan bahwa hal itu bisa terjadi karena saat stres, tubuh mengeluarkan hormon yang disebut kortisol dalam jumlah besar, yang bisa tersimpan di berbagai area, seperti leher, kepala, dan bahu.

Itulah mengapa saat merasa stres, Anda juga merasakan nyeri di bagian-bagian tubuh tersebut. “Pria sering nyeri di punggung bawah saat stres, sedangkan wanita merasakannya di punggung atas, otot trapezius, dan leher. Pada anak-anak, mereka rentan menyimpan stres dalam tubuh di leher dan punggung,” urai Dr. Lily.

Ditambahkan David Clarke, Presiden Asosiasi Gangguan Psikofisiologis, orang juga bisa mengalami sakit kepala dan masalah pencernaan bersamaan dengan rasa nyeri yang dirasakan di beberapa bagian tubuh, saat stres.

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut? Obat penghilang rasa sakit ringan mungkin bisa membantu. Namun, hanya berbicara dengan orang lain, ternyata juga membuat rasa stres berkurang dan gejala stres fisik menghilang.

“Banyak pasien yang datang ke kantor saya dengan nyeri punggung atau leher, menghabiskan 45-60 menit berbicara kepada saya, dan setelahnya merasa seolah-olah beban besar mereka telah terangkat. Ini bukti bahwa bicara juga bisa atasi stres,” kata Dr. Lily. ** Baca juga: Bagaimana Sebenarnya Cara Sehat Cuci Sayur & Buah Sebelum Dikonsumsi?

Jadi, jika Anda merasakan nyeri pada tubuh dan sedang stres, selain minum obat penghilang rasa sakit, tidak ada salahnya bicara pada teman, sahabat, atau melakukan hal yang bisa membuat stres Anda hilang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru