oleh

Seorang Ayah di Jerman Tuntut Anaknya Karena Jual Kastil Keluarga Seharga Rp17 Ribu Saja

Kabar6-Pangeran Ernst August (66), pria keturunan bangsawan di Jerman yang juga kepala House of Hanover, menuduh putranya menjual salah satu kastil milik mereka kepada negara dengan harga yang sangat murah.

Harga yang ditawarkan sungguh tidak masuk akal, yaitu senilai sekira Rp17 ribu saja. Melansir Sputniknews, Kastil Marienburg dan tanah tetangga Calenburg diketahui diserahkan kepada sang putra, yang memiliki nama sama seperti ayahnya, pada pertengahan 2000-an. Pada 2018, sang pangeran berusia 37 tahun yang bergelar Duke of Braunschweig dan Lüneberg, mengumumkan bahwa Marienburg akan dijual kepada pemerintah dengan harga murah.

Dalam dokumen pengadilan yang diajukan di Hanover, Pangeran Ernst ingin mengambil kembali properti tersebut dan menuduh putranya ‘sangat melanggar hak, hak hukum, dan kepentingan’ ayahnya.

Dokumen juga menuduh sang pangeran yang lebih muda secara ilegal mengambil beberapa barang keluarga dari perpustakaan dan museum seperti lukisan, patung, dan kereta antik. ** Baca juga: Akibat Kelengahan Petugas Medis di Brasil, Seorang Lansia Disuntik ‘Vaksin Kosong’

Pangeran Ernst mengklaim, dia telah terputus secara finansial dari keluarganya dan sekarang tinggal di sebuah ‘pondok hutan’ Austria tanpa bantuan, meskipun menderita sakit. Dia juga mengatakan, tuduhan sang ayah tidak memiliki dasar, dan yakin itu akan ditolak dalam aturan hukum.

“Semua argumen dalam gugatan ini telah disangkal dalam penyelesaian di luar pengadilan,” kata Duke. “Dengan latar belakang ini, kami santai tentang sengketa apa pun di pengadilan.”

Keputusan tersebut diambil pada saat kastil membutuhkan renovasi hingga sekira Rp452 miliar, dan pemeliharaan untuk memastikan kedatangan 200 ribu pengunjung tahunan.

Sang pangeran muda mengatakan itu mewakili ‘titik balik bersejarah’ bagi keluarga dan akan membantu melestarikan istana untuk umum.(ilj/bbs)

Berita Terbaru