oleh

Selain Wajah Tambah Manis, Senyum Punya 3 Manfaat Kesehatan

Kabar6-Dalam fisiologi, senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagiaan dan rasa senang.

Ternyata selain membuat wajah tampak lebih manis, seperti dilansir Boldsky, tersenyum jika dipaksa sekalipun ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan, lho. Ini dia manfaat yang dimaksud:

1. Tularkan aura positif
Penelitian menunjukkan, melihat orang tersenyum dapat mengaktifkan area otak yang mengontrol gerakan wajah dan akhirnya membuat seseorang ikut tersenyum.

2. Redakan stres
Tersenyum membantu pelepasan hormon endorfin yang membuat seseorang menjadi merasa lebih bahagia. Dengan tersenyum, akan terasa lebih tenang dan rileks.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membuat suasana hati lebih baik dan berdampak pada peningkatan kekebalan tubuh. Itulah mengapa, seseorang yang sedang menjalani pengobatan tidak dibiarkan terus merasa sedih.

Dengan menghibur orang yang sedang sakit, membuat mereka tertawa, jumlah sel darah untuk melawan penyakit akan meningkat. Pengobatan menjadi lebih efektif karena kekebalan tubuhnya membaik.

Tersenyum dapat menstimulasi otak untuk berpikir positif. Dengan pikiran yang positif, otak dapat berpikir jernih dan akhirnya mampu mengerjakan tugas sehari-hari dengan baik. Hal ini berdampak baik untuk kesehatan otak. ** Baca juga: Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Oleh Pria

Sudahkah Anda tersenyum hari ini? (ilj/bbs)

Berita Terbaru