oleh

Sekolah Pembangunan Jaya Gelar Global Entrepreneurship Week di Bintaro

Kabar6-Sekolah Pembangunan Jaya (SPJ) mengadakan kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW) di halam sekolahnya di Jalan Bintaro Utama Sektor 3A, Bintaro Jaya, Kota Tangerang Selatan, Minggu (18/11/2018).

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang terus diadakan sejak 2008 lalu.

Kegiatan bertema Set Up Your Mind To Be An Entrepreneur ini bertujuan mengembangkan jiwa kewirausahaan sejak dini bagi para siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Pembangunan Jaya.

Marini Diah, Wakil Kepala SMA PJ mengatakan GEW merupakan event internasional. Berawal dari sebuah kegiatan kewirausahaan di London yang dilakukan sejak tahun 2008 lalu.

“GEW bertujuan untuk menciptakan benih-benih kewirausahaan dan sebagai wadah para siswa untuk melakukan praktek kewirausahaan yang dikerjakan dari mereka sendiri,” ujar Marini, Minggu (18/11/2018).

Marini menjelaskan, para siswa harus mengumpulkan bahan modal terlebih dahulu demi mengikuti event tahunan GWE. Caranya, menggelar garage sale dan hasilnya akan dijadikan modal.

“Mereka pertama membuat bisnis plan dahulu, mengumpulkan bahan modal ada dari barang bekas yang dikumpulkan per kelas atau membuka garage sale di unit kelas. Kemudian, hasilnya untuk modal jualan,” jelaanya.

Melalui bisnis plan, lanjut Marini, anak-anak bisa mendapatkan pembelajaran berharga mengenai berwirausaha.

“Dari hal-hal tersebut para siswa mendapatkan pembelajaran. Kita ini, mengibaratkan seperti mendulang emas, nggak mudah butuh proses begitu juga dengan anak-anak. Mereka nanti akan mengerti susahnya mencari uang dan membutuhkan proses panjang,” paparnya.

Di GWE 2018 terdapat puluhan stan yang diisi dari siswa PJ diantaranya TK ada 2 stan, SD ada 24 stan, SMP 12 stan, dan SMA 13 stan yang menjual berbagai macam kuliner, craft dan lainnya.

Nantinya, keuntungan dari hasil penjualan sepenuhnya akan menjadi milik para siswa. Marini pun, berharap agar melalui kegiatan ini siswa PJ dapat menjadi entrepreneur yang handal di masa yang akan datang.**Baca juga: Bappeda Kota Tangerang Wujudkan Kampung Tematik.

“Kreativitas dan inovasi siswa ini harus didukung dan ini sebagai salah satu bentuk dukungan kami untuk anak-anak,” pungkasnya.(Tim K6)