oleh

Polda Banten Luncurkan SIM Online

Kabar6-Kepolisian Daerah Banten hari ini, Minggu (6/12/2015) meluncurkan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Online di Alun-alun Barat, Serang, Banten.

Hadir dalam acara itu, Kapolda Banten Brigjen Boy Rafli Amar, Gubernur Banten Rano Karno, dan sejumlah pejabat di Provinsi Banten.

Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Banten, Kombes Pol Rudi Antariksa mengatakan, Polisi selalu membuat perbaikan dan peningkatan dalam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan melaunching SIM Online hari ini.

Sedianya, launching SIM Online hari ini bukan cuma dilakukan oleh Polda Banten semata. Melainkan dilakukan serentak oleh seluruh Polda se Indonesia.

“Launching hari ini pun dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi), di parkir Senayan, dan terintegrasi secara nasional dengan provinsi lainnya,” ujar Rudidalam sambutannya.

Rudi menjelaskan, SIM Online merupakan upaya dalam percepatan layanan SIM Online ini dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan bisa mempermudah masyarakat dalam melakukan perpanjangan masa aktif SIM.

“Sekarang SIM bisa diperpanjang di semua wilayah di Indonesia. Karena sistem SIM Online ini terintegrasi di 48 Satlantas di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara, saat ini, program SIM Online difokuskan dalam perpanjangan masa berlaku SIM, namun kedepan, program SIM Online ini bisa untuk memperoleh SIM baru.

“Tapi perlu diingat, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk membantu kepolisian. Karena meskipun Polri dan semua pemangku kepentingan sudah melakukan upaya, namun angka kecelakaan lalulintas masih meprihatinkan,” ujarnya.(fir)

Berita Terbaru