Pola Makan yang Tidak Dianjurkan Untuk Kaum Muda

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Gaya hidup termasuk pola makan sebagian besar anak muda zaman sekarang dinilai cukup memprihatinkan. Terlebih dengan menjamurnya sajian makanan cepat saji dan serba instan yang tidak memenuhi standar nutrisi untuk kesehatan.

Disebutkan, kebiasaan sehari-hari seperti pemilihan makanan yang tidak sehat bisa mengundang penyakit mematikan lebih cepat. Melansir Xahoi, berikut adalah empat pola makan yang sebaiknya dihindari kaum muda:

1. Konsumsi daging olahan secara berlebihan
Meskipun lezat, daging olahan seperti sosis, bacon dan lainnya ternyata kurang baik jika dikonsumsi terlalu sering. Jumlah garam, senyawa pengawet pada daging olahan termasuk cukup tinggi. Hal yang buruk, beberapa produk juga mengandung nitrit dan nitrat tinggi. Zat aditif kimia tersebut berisiko menyebabkan kanker yang berbeda.

2. Konsumsi makanan yang dipanggang
Sesekali mengonsumsi makanan yang dipanggang memang diperbolehkan. Namun jika terlalu sering akan berisiko bagi kesehatan. Makanan yang dipanggang biasanya akan berubah menjadi makanan yang tingkat karsinogenik semakin tinggi. Karsinogenik merupakan zat awal pengembang kanker.

3. Makan terlambat
Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal internasional Obesity mengungkapkan, makan terlambat bisa menyebabkan penurunan berat badan. Namun, penurunan berat badan tersebut bukan dalam kategori sehat, melainkan mengancam kesehatan.

4. Konsumsi makanan cepat saji
Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji bisa ‘membunuh’ tubuh Anda secara perlahan. Makanan cepat saji mengandung terlalu banyak kalori, gula, lemak dan tinggi bahan kimia pengawet. Semuanya bisa menyebabkan penyakit seperti diabetes, obesitas, lemak darah, serangan jantung dan stroke. ** Baca juga: Pola Makan yang Sebaiknya Ditinggalkan

Yuk, ubah gaya hidup dan pola makan selagi masih muda.(ilj/bbs)