oleh

Pink Taxi, Layanan Taksi Khusus Kaum Hawa di Pakistan

Taksi pink dengan pengemudi berhijab.(TechJuice)
Taksi pink dengan pengemudi berhijab.(TechJuice)

Kabar6-Wanita di Pakistan kini semakin nyaman sekaligus aman bepergian ke mana saja. Hal itu karena sekarang mereka bisa memakai moda transportasi yang disiapkan khusus untuk wanita.

Nama transportasi itu adalah Pink Taxi. Tidak hanya khusus untuk kaum hawa, sopir yang akan mengantar pun seorang wanita. Sayangnya, layanan ini baru ada di Kota Karachi. Namun tiga atau empat bulan mendatang, Pink Taxi akan melayani wanita di Lahore dan Islamabad.

“Pengemudi kami menggunakan jilbab pink dan jaket hitam sebagai seragamnya,” ujar Ambreen Sheikh, chief executive Paxi yang memiliki Pink Taxi.

Layanan terbaru ini, dikutip dari Okezone, memiliki keuntungan ekstra, yaitu menyediakan pekerjaan yang aman bagi wanita sebagai pengemudi. Mereka adalah ibu rumah tangga, mahasiswa, dan para wanita muda lainnya.

Pengemudi berhijab siap mengantar pelanggan wanita.(Daily Sabah)
Pengemudi berhijab siap mengantar pelanggan wanita.(Daily Sabah)

Ada beberapa cara untuk menikmati layanan Pink taxi, anatara lain dengan pemesanan melalui telepon, aplikasi khusus pada smartphone, SMS, atau mencegat langsung di jalan.

Pink Taxi, dikatakan Sheikh , diluncurkan karena angka pelecehan terhadap wanita dalam kendaraan umum di Karachi cukup tinggi. Berdasar data yang dirilis Urban Resource Center di Karachi tahun lalu, 55 persen wanita yang bepergian dengan bus merasa tidak aman dan kerap mengalami pelecehan seksual.

Wanita di Pakistan, menurut salah seorang pengemudi Pink Taxi bernama Noor Jehan, membutuhkan layanan tersebut. Alasannya, mereka harus berpikir tiga kali sebelum masuk ke kendaraan yang dikemudikan oleh pria.

“Sopir taksi berhak mengeset kaca spion untuk melihat apa pun yang kamu kenakan. Tekanan tersebut bisa membuat seseorang meringkuk dan bersembunyi di pojokan taksi agar terhindar dari pengamatannya,” kata Kainat Chaudhry, penulis konten di perusahaan IT. ** Baca juga: Lahan Sempit, Stasiun KA di Chongqing Dibangun Dalam Apartemen

Ya, wanita memang harus dilindungi dan dihormati, bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru