oleh

Mulai Agustus 2016 RSU Tangsel Operasikan Poli Jantung

Dokter spesialis jantung RSU Kota Tangsel, Luluk Dwiyuni.(yud)

Kabar6-Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus berupaya memberikan purna layanan prima. Salah satunya dengan membuka pelayanan kesehatan poli jantung.

Jadi, jika Anda ingin konsultasi dan memeriksa kondisi jantung dapat datang langsung ke Jalan Raya Padjajaran, Kecamatan Pamulang.

Dokter spesialis jantung RSU Kota Tangsel,  Luluk Dwiyuni mengatakan, terhitung mulai 1 Agustus besok sudah mulai dioperasikan.

Waktu operasional poli jantung setiap Senin mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Sedangkan Rabu dan Kamis mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

“Dibukanya poli jantung di RSU Kota Tangsel harapanya bisa membantu masyarakat yang sakit atau konsultasi tentang penyakit jantung dapat dilayani dan ditangani dengan baik,” katanya, Selasa (26/7/2016).

Luluk jelaskan, dilayani oleh tenaga dokter spesialis jantung, bagi setiap pasien dilakukan pemeriksaan Electro Cardio Grafi (EKG) dan bila perlu pakai EEG (Electro Echo CardioGrafi (EEG)

Ia juga menginformasikan kepada masyarakat di Kota Tangsel agar tidak boleh takut untuk memeriksa jantungnya. Karena biasanya Pasien baru ke Rumah Sakit setelah kondisinya sudah parah.

Diharapkan pasien jantung yang ringan dapat diatasi di RSU Kota Tangsel.  Tetapi bila tidak dapat diatasi baru di rujuk kerumah sakit yang lebih besar tingkatanya.

“RSU Tangsel ini termasuk tipe C, dan untuk yang terdekat di wilayah Tangsel adalah Rumah Sakit Fatmawati,” terang Luluk.

Bukan hanya memeriksa penyakit jantung. Pasien jantung yang usai mendapatkan tindakan operasi dari rumah lain pun bisa dirawat di RSU Kota Tangsel.

Luluk sebutkan, untuk obat-obatan yang ada juga sama jenis dan kegunaanya dengan RS lain. Hanya saja di RSU Tangsel  belum bisa melakukan tindakan operasi untuk operasi di rujuk ke RS yang lebih besar.

Luluk memaparkan, penyakit jantung disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, stres, cara diet yang tidak sesuai akan semakin meningkatkan resiko orang terkena serangan jantung.

Adapun berbagai macam ciri-ciri yang bisa dilihat jika seseorang terkena penyakit jantung.  Berikut adalah gejala awal yang sering dijumpai ketika serangan jatung menimpa seseorang diantaranya sebagai berikut:

Mudah  lelah atau sering capek walau tidak beraktivitas berat. “Rasa capek ini tidak hanya dirasakan bila anda beraktivitas tetapi juga kerap dirasakan waktu bangun tidur,” paparnya.

Kemudian juga rasa nyeri dada merupakan salah satu tanda-tanda umum problem jantung. Tetapi tidak semua nyeri dada dapat di katakan sebagai gejala awal sakit jantung. Bisa saja akibat penyakit lainnya. Tetapi harus tetap waspada bila merasakan seperti itu segera periksa ke dokter .

Sakit kepala juga merupakan ciri dari seseorang sakit jantung. Jika seseorang sakit kepala waktu terkena tuturan sinar, mereka biasanya memiliki masalah pada jantung. sehingga denyut jantung akan terpengaruh bisa lebih lambat atau lebih cepat.

Seseorang berkeringat usai berolahraga atau waktu cuaca panas. Namun Anda wajib waspada jika tubuh Anda mengeluarkan keringat meski tidak melakukan aktivitas apapun, karena bisa saja ini merupakan ciri jantung bermasalah.

“Rasa mual gejala sakit jantung dimulai dengan pembengkakan dibagian perut. Perihal ini mengakibatkan pasien kehilangan nafsu makan serta rasakan mual berlebih,” ujar Luluk.

Sering mengalami rasa cemas banyak yang meyakini, serangan jantung berbuntut pada trauma. Alhasil, mereka yang dulu alami serangan jantung seringkali alami ketegangan, ketakutan, atau kekhawatiran dapat kematian. Perihal ini dihubungkan dengan kekhawatiran psikologi serta stres yang mengakibatkan serangan seringkali.

Sesak napas diakibatkan oleh pembuluh darah yang manghambat aliran darah keseluruhan tubuh. Sehingga menyebabkan denyut jantung tidak teratur, penebalan otot jantung, serta kelainan pada katup jantung.

Denyut jantung tidak teratur  Bila ini dialami denyut jantung tidak teratur, ini pantas diwaspadai dikarenakan bisa menyebabkan fatal. Denyut jantung tidak teratur biasanya berlangsung dikarenakan ada penebalan otot pada katup jantung.

Ini mengakibatkan berlangsung penyempitan pada katup hingga mengakibatkan kebocoran. Gejala seseorang terkena penyakit jantung lainnya adalah rasa sakit, pada wanita rasa sakit ini dirasakan pada tangan kanan dan juga lengan kirinya. Namun pada pria rasa sakit dirasakan pada bagian lengan kiri.

“Bisa juga rasa sakit ini dirasakan pada bagian tubuh lainnya seperti bahu, leher, punggung siku yang kadang datang dan juga kadang pergi. Rasa sakit ini disebabkan karena arteri tersumbat,” utara Luluk.

Gejala lainnya yang mengindikasikan bahwa jantung sedang dalam keadaan yang kurang baik dan kelainan katup jantung adalah pembengkakan yang terjadi pada saat cairain menumpuk didalam tubuh. Pada umumnya pembengkakan ini terjadi pada pergelangan kaki dan juga perut.(adv)

Berita Terbaru