oleh

Minum Air Hangat Saat Buka Puasa Baik untuk Kesehatan

Kabar6-Tidak hanya minuman manis, sebagian besar orang masih mengonsumsi air dingin ketika berpuasa, meski hanya air mineral. Ya, selain menyegarkan,minuman dingin juga bisa memulihkan dahaga dalam sekejap.

Namun, adakah dampak mengonsumsi air dingin ketika berbuka untuk kesehatan tubuh? Berbuka dengan air dingin akan melambatkan kerja lambung, juga membuat lambung kaget karena langsung menerima air dingin setelah sebelumnya kosong dalam waktu yang terbilang lama. Akhirnya, kondisi tersebut mengarah pada gangguan pada sistem pencernaan.

Anda memang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis ketika berbuka. Namun sebelumnya, dahulukan dengan mengonsumsi air putih dalam suhu ruang atau hangat. Setelahnya, barulah Anda bisa mengonsumsi sedikit makanan dan minuman manis.

Peran makanan dan minuman manis ini untuk mengembalikan kadar gula darah, sehingga tidak dianjurkan dalam jumlah yang berlebihan. Nah, apa manfaat kesehatan mengonsumsi air hangat ketika berbuka puasa? Melansir beberapa sumber, berikut penjelasannya:

1. Bantu buang racun tubuh
Minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh internal. Meski hanya sementara, ini akan membantu mengaktifkan sistem endokrin pada tubuh ketika keringat mulai keluar dari permukaan kulit. Air hangat mampu membersihkan racun dari tubuh.

2. Bantu turunkan berat badan
Minum air lebih banyak dianggap membantu menurunkan berat badan, karena ada beberapa anggapan bahwa minum air membantu perut merasa kenyang. Selain membantu membuang racun, air putih juga membantu tubuh menyerap nutrisi.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan, beralih dari air dingin ke air panas dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Para peneliti menemukan, minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen. ** Baca juga: Pilih Menu Buka Puasa Terbaik, Manis atau Asin?

3. Turunkan stres
Secangkir air panas dapat membantu kamu terhindar dari stres dan gangguan kecemasan berlebihan. Ini juga termasuk mengonsumsi secangkir teh atau kopi panas dibandingkan dengan bentuk dingin.

Yuk, biasakan berbuka puasa dengan minuman hangat terlebih dulu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru