oleh

Korea Selatan Kembangkan Teknologi yang Bisa Perbaiki Sendiri Layar Smartphone

Kabar6-Kemajuan teknologi saat ini semakin memudahkan manusia dalam segala hal. Salah satunya adalah temuan tim peneliti Korea Selatan, dengan mengembangkan materi layar smartphone yang dapat ‘menyembuhkan’ atau memperbaiki dirinya sendiri.

Institut Sains dan Teknologi Korea (KIST), melansir Koreabizwire, mengumumkan bahwa mereka bekerjasama dengan para peneliti dari Universitas Yonsei, dan telah mengembangkan bahan elektronik transparan yang dapat memperbaiki diri sendiri, dapat memperbaiki retakan atau fungsi yang rusak.

Diketahui, polimida transparan sering digunakan untuk perlindungan layar smartphone karena transparan seperti kaca dan kuat. Namun, juga rentan terhadap goresan dan retakan.

Tim peneliti gabungan mengembangkan polimida transparan yang dapat memperbaiki diri sendiri menggunakan minyak biji rami yang diekstrak dari biji rami.

Minyak biji rami memiliki sifat pengerasan pada suhu kamar (25 derajat Celcius) dan populer sebagai bahan pelapis untuk pengawetan lukisan.

Tim peneliti mengembangkan mikrokapsul yang mengandung minyak biji rami, dan membuat film pelindung dengan mencampurkan mikrokapsul dengan silikon dan melapisi polimida transparan dengan campuran tersebut.

Setelah layar rusak, kapsul mikro berisi minyak biji rami meledak, mengalir ke area yang rusak dan memperbaiki kerusakan. ** Baca juga: Spesies Mamalia Baru, Perpaduan Marmut dan Kelinci Ditemukan di Kenya

Lapisan pelindung penyembuhan diri dapat memperbaiki kerusakan dengan kecepatan lebih cepat jika suhu dinaikkan hingga 70 derajat Celcius atau tingkat kelembapan dinaikkan menjadi 70 persen.

Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru