oleh

Jenis Gula Apa yang Lebih Baik untuk Dikonsumsi?

Kabar6-Gula menjadi hal yang tidak bisa ditinggakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam olahan makanan atau campuran untuk minuman. Ada tiga jenis gula yang kita kenal yaitu gula pasir, gula merah, atau gula batu.

Sebenarnya, jenis gula apa sih yang lebih disrankan? Melansir Orami, berikut penjelasannya:

1. Gula pasir
Gula pasir akan berubah menjadi gula darah, dan kemudian berubah menjadi energi yang tersimpan dalam otot. Namun, mengonsumsi gula pasir secara berlebihan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Efek yang ditimbulkan ternyata dapat mengganggu mekanisme jantung untuk memompa darah, dengan kata lain dapat meningkatkan risiko gagal jantung. Tak hanya itu, bila gula pasir tak dapat diproses dengan baik oleh pankreas, maka gula tersebut akan tertimbun menjadi gula darah dan lemak, yang akan menyebabkan diabetes.

Dokter menganjurkan Anda membatasi konsumsi gula sehari-hari. Sebaiknya jangan mengonsumsi gula lebih dari 50 gram atau setara empat sendok makan dalam satu hari.

2. Gula batu
Gula batu merupakan larutan gula cair jenuh yang dikristalisasi, kebanyakan orang menggunakannya saat minum teh panas. Kandungan nutrisi yang pada gula batu hampir sama dengan gula pasir, yaitu jenis gula sukrosa.

Meskipun lebih baik untuk pankreas ketimbang gula pasir, gula batu termasuk dalam jenis gula dengan kandungan pati, serat dan gula dalam jumlah yang cukup tinggi, lho.

Jadi sebenarnya sama saja bila mengonsumsi gula yang berlebih akan menimbulkan risiko obesitas, diabetes, dan berbagai jenis penyakit komplikasi lain.

Tak hanya itu, bagi yang gemar mengunyah atau memakan langsung gula batu, ternyata sangat buruk untuk gigi. Karena memiliki efek yang sama seperti ketika Anda terlalu banyak makan permen.

3. Gula merah
Gula ini terbuat dari pohon kelapa atau aren yang lebih banyak digunakan sebagai bumbu dapur. Dibanding dengan gula pasir dan gula batu, ternyata gula merah yang terbaik. Hal ini karena gula merah memiliki kandungan multivitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Selain itu, gula merah dapat membersihkan racun-racun dari darah dan juga berfungsi mendetoks pencernaan. Meski begitu, tetap saja pankreas mempunyai batas kemampuan saat mengubah gula menjadi energi, sehingga konsumsi gula tetap harus dibatasi. ** Baca juga: Makanan dan Minuman Sehat yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Datang Bulan

Jadi, batasi penggunaan gula jangan sampai berlebihan agar kesehatan Anda tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru