oleh

Alternatif Lain, Cara Sehat Memaniskan Makanan dan Minuman Tanpa Gula

Kabar6-Gula adalah bahan pemanis, biasanya berbentuk kristal (butir-butir kecil) yang dibuat dari air tebu, aren (enau), atau nyiur. Merupakan karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi perdagangan utama.

Seperti pisau bermata dua, gula disukai namun sekaligus dijauhi. Meski rasanya membuat kecanduan, semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa gula memiliki dampak yang tak baik bagi tubuh.

Sayangnya, berhenti mengonsumsi gula bagi sebagian besar orang menjadi hal yang sangat sulit. Butuh upaya sangat keras untuk berhenti menambahkan gula ke makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.

Lantas, bagaimana solusinya? Melansir mindbodygreen, Anda bisa merasakan manis pada makanan atau minuman, tanpa menambahkan gula. Berikut alternatif sehat memaniskan makanan dan minuman tanpa gula:

1. Madu
Madu adalah pilihan pertama untuk menggantikan gula, tanpa merusak tekstur asli makanan atau minuman tersebut. Madu mampu memberi rasa manis yang serupa dengan gula, lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Terlebih madu mengandung beragam mineral, vitamin, dan asam amino yang dapat meningkatkan stamina serta kekebalan tubuh.

2. Garam
Sedikit garam dapat meningkatkan rasa manis alami dalam makanan, terutama jika dipadukan dengan buah-buahan segar. Sebelum menambahkan sesuatu untuk mempermanis jus atau smoothie, cobalah tambahkan sedikit garam, tujuannya agar rasa manis alami buah lebih terasa.

3. Wortel parut
Wortel parut mengandung gula alami yang dapat memberikan rasa manis yang tepat. Ditambah, wortel parut akan memberi dosis vitamin A dan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata.

4. Bit
Banyak gula rafinasi yang berasal dari buah bit. Anda dapat membuat kue dengan menggunakan buah bit parut untuk mencapai rasa manis yang pas dan bonus warna kemerahan tanpa pewarna. Bisa juga memasukkan bit parut ke smoothie atau sup sebagai pengganti gula.

5. Bawang bombay
Bawang bombay memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Hanya saja, kita tidak merasakannya dalam keadaan mentah, ketika senyawa-senyawa yang keras, tajam, dan membuat perih mata terasa lebih dominan.

Masak potongan bawang bombay dengan api kecil, hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan atau karamelisasi, sehingga rasa manisnya akan muncul. Anda dapat memasukkannya ke saus tomat, sup, atau masakan lain sebagai pengganti gula.

6. Apel
Saus apel tanpa gula tambahan adalah bahan klasik untuk memangkas lemak dan gula dari makanan. Apel utuh yang diparut juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa jenis makanan, seperti pancake. Apel yang dipotong dadu juga bisa jadi pemanis kaya serat untuk yoghurt.

7. Kayu manis
Kayu manis sebenarnya tidak terasa manis. Tetapi karena kayu manis identik dengan makanan atau minuman manis seperti kue dan pai, menambahkannya ke oatmeal, yoghurt, atau smoothie, dapat menciptakan ilusi rasa manis.

8. Pisang
Makanan yang dipanggang seperti roti, muffin, dan pancake, bisa ditambahkan pisang tumbuk yang sudah matang sebagai pengganti gula. ** Baca juga: Tak Hanya Berat Badan Naik, Ada Efek Kesehatan yang Timbul Akibat Sering Ngemil Tengah Malam

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru