oleh

Pilih Menu Buka Puasa Terbaik, Manis atau Asin?

Kabar6-Selama kurang lebih 12 jam menjalankan ibadah puasa, proses metabolisme tubuh berjalan lambat. Karena itulah, menu buka puasa yang kita konsumsi harus dapat mengembalikan energi dan mencukupi kebutuhan nutrisi.

Sayangnya, terkadang kita hanya menuruti nafsu makan saja dan malah memilih makanan yang kurang baik. Ada sejumlah makanan jenis apa yang tidak baik dikonsumsi saat berbuka puasa?

Lantas, mana yang lebih baik sebagai menu berbuka puasa, makanan manis atau asin? Melansir beberapa sumber, berikut penjelasannya:

1. Makanan asin
Gorengan menjadi menu berbuka puasa yang sudah lazim ada setiap berbuka puasa. Meskipun dapat mengganjal perut yang sedang lapar, gorengan menjadi faktor utama penyebab timbunan lemak pada tubuh dan mengganggu sistem pencernaan.

Selain itu, gorengan juga biasanya memiliki banyak kandungan garam, sehingga rasanya asin. Makanan asin sendiri dapat membuat tubuh menahan air atau retensi cairan dan menyebabkan perut seperti kembung.

Cairan yang terikat oleh zat garam ini pun membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga akan mempertahankan lemak dan racun di dalam tubuh akibat kekurangan cairan.

2. Makanan manis
Makanan atau minuman manis merupakan sumber kalori yang akan cepat dan mudah diolah oleh tubuh. Jadi, disarankan untuk langsung menyantap makanan manis usai berbuka puasa, sehingga stamina tubuh yang sempat hilang akan dapat segera kembali.

Selain itu, makanan manis pun akan cepat meningkatkan kadar gula di dalam darah sehingga proses metabolisme tubuh akan kembali, dan Anda pun akan semakin bersemangat dan terhindar dari rasa lemas.

Meskipun begitu, hindari mengonsumsi makanan manis secara berlebihan, karena gula akan disimpan tubuh menjadi lemak, sehingga berat badan bisa meningkat.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat meminum segelas teh manis hangat saat berbuka dan beberapa butir buah kurma. ** Baca juga: Sejumlah Hal yang Sebaiknya Dilakukan Agar Tidak Mudah Lapar Selama Puasa

Memilih makanan yang tepat untuk berbuka puasa membantu tubuh tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru