oleh

Jangan Lakukan 3 Kesalahan Ini Saat Memasak

Kabar6-Memasak sendiri memang lebih disarankan ketimbang membeli makanan yang sudah jadi. Terlebih selama pandemi COVID-19 ini, Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan makanan.

Ya, memasak sendiri membuat Anda lebih bisa mengontrol asupan nutrisi pada makanan yang diolah, termasuk menjaga kebersihan bahan-bahan yang digunakan. Sayangnya, melansir tempo.co, ada tiga kesalahan umum yang sering dilakukan saat Anda memasak. Apa sajakah itu?

1. Memasak dalam kondisi lapar
Seringkali Anda memasak sekaligus mempersiapkan makanan dalam kondisi perut keroncongan. Padahal saat itulah otak Anda akan dipengaruhi oleh kebutuhan pemenuhan perut.

Alhasil, makanan yang dimasak akan dibuat secara berlebihan yang akhirnya bisa tersisa. Jadi ada baiknya, Anda memasak dalam kondisi kenyang agar jumlah makanan menjadi lebih rasional.

2. Memasak makanan yang bertahan satu hari saja
Saat memasak lebih dari satu varian makanan, pastikan bahwa tidak semua makanan itu hanya bisa bertahan seharian saja. Melainkan, pastikan beberapa jenisnya lebih enak lagi untuk disajikan esok hari agar bisa dikonsumsi kembali.

Misalnya, ada makanan kering seperti dendeng yang bisa dikonsumsi hingga esok hari beserta dengan makanan bersantan seperti lodeh yang harus dihabiskan di hari itu juga. ** Baca juga: Studi: Cuci Tangan 6 Kali Sehari Bantu Kurangi Risiko Infeksi Virus Corona

3. Memilih makanan tinggi lemak dan sodium saja
Memasak makanan tinggi lemak dan sodium dapat menyebabkan dehidrasi, terlebih dengan musim panas seperti saat ini. Jadi, tambahkanlah beberapa menu yang juga baik dalam menyeimbangkan kebutuhan hidrasi dan gizi harian Anda. Ini termasuk yang tinggi serat seperti buah dan sayuran.

Hindari ketiga kondisi tadi agar gizi makanan tetap terpenuhi, dan berat badan pun selalu terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru