oleh

Jangan Biasakan Buang Air Kecil Saat Berenang di Kolam

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum, bahwa seringkali karena malas, tidak sedikit orang yang buang air kecil atau berkemih saat sedang berada dalam kolam renan. Sebagian orang menganggap aroma yang kuat dari klorin dalam kolam renang akan membuat air kolam bebas dari mikroba penyebab penyakit. Benarkah anggapan tersebut?

Sebuah penelitian, melansir popularscience, menjelaskan bahwa buang air kecil dalam kolam renang sebenarnya sangat buruk bagi Anda. Zat-zat dalam urine yang bercampur dengan klorin di dalam kolam menghasilkan dua senyawa beracun, yakni trikloramin dan sianogen klorida. “Jika ini hanya satu orang yang kencing di kolam, maka jelas itu tidak akan menjadi masalah. Tetapi kami memiliki bukti yang menunjukkan bahwa ada keadaan di mana konsentrasi senyawa-senyawa ini berbahaya dalam beberapa kasus, atau bahkan telah mencapai konsentrasi yang merusak kesehatan manusia” urai Ernest Blatchley, seorang insinyur lingkungan di Universitas Purdue.

Dijelaskan Blatchley, kedua senyawa ini dapat berbahaya tergantung dari seberapa terkonsentrasinya klorin dan urine dalam air kolam pada waktu tertentu. Sejumlah faktor lain yakni berapa banyak orang yang menggunakan kolam, seberapa hangat airnya, dan berapa lama seseorang mengganti air kolam tersebut.

Dari dua senyawa beracun itu, Blatchley mengatakan bahwa sianogen klorida adalah yang paling memprihatinkan karena setelah mencapai tingkat yang cukup tinggi, dapat merusak kesehatan manusia.

Sedangkan trikloramin dapat menyebabkan masalah pernapasan terutama pada orang yang menderita masalah seperti asma, terkait dengan masalah paru-paru akut, mempengaruhi jantung, dan sistem saraf pusat. Tak hanya itu, senyawa ini juga menyebabkan iritasi dan menciptakan bau kolam yang kadang-kadang luar biasa, dan membuat mata Anda terbakar. ** Baca juga: Saat Stres Hindari Makanan & Minuman Ini

Semakin banyak klorin yang ditambahkan ke dalam kolam untuk membersihkan mikroba maka semakin besar reaksi kimia tersebut terjadi. Jadi hentikan kebiasaan buang air kecil dalam kolam renang.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru