Ini Rekayasa Lalulintas Polri Pada Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018

Ilustrasi. (Ist)

Kabar6-Bagi Anda warga Banten, khususnya Tangerang Raya yang hendak memanfaatkan momen libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 ke luar kota, ada baiknya tetap memperhatikan rekayasa arus lalulintas yang diberlakukan Korlantas Polri pada pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Korlantas Polri didukung instansi terkait akan menjamin terwujudnya Kamseltibcarlantas pada Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018, akan memberlakukan management dan rekayasa lalulintas, Turjagwali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli), Gakkum (Penegakan Hukum), serta memberikan informasi di bidang lalu lintas.

“Permintaan Khusus dari Menteri Perhubungan Pak Budi Karya, agar kendali lalu lintas Pengamanan Natal dan Tahun Baru sama seperti pengamanan mudik Idul Firi 2017,” ujar Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin, Kamis (15/12/2017).**Baca Juga: WH Nyatakan Banten Masuk KLB Wabah Difteri.

Berikut adalah rencana tujuh rekayasa lalulintas Korlantas Polri pada Pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018:

1. Apabila arus dari Jakarta dalam keadaan normal, maka pemberlakuan pada Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama 1-Tol arah Purbaleunyi, GT Palimanan, hingga GT Brebes Timur diberlakukan normal.

2. Bila ada informasi kepadatan di GT Cikarut satu hingga lima kilometer, maka dua jam kemudian GT. Palimanan dibuka antara 15-20 GT. Sedangkan pintu keluar lainnya dibuka maksimal (GT Kanci, GT Pejagan, GT Brebes Barat, dan GT Brebes Timur.

3. Bila terjadi kemacetan di jalan tol Cikampek akibat penumpukan kendaraan di Rest Area, Maka akan diberlakukan Contra Flow mulai dari Kilometer 31-Kilometer 52, begitu juga bila terjadi kemacetan akibat pembangunan jalan, maka akan diberlakukan Contra Flow dari Kilometer 5-Kilometer 52.

4. Bila terjadi kemacetan di Pantura Jateng (Pejagan-Brebes), maka seluruh kendaraan yang ada di Tol Cipali akan dikeluarkan sebelum GT Palimanan.

5. Apabila Pantura dan jalan Tol Jabar-Jateng terjadi kemacetan parah, maka semua kendaraan dari arah jakarta akan diarahkan ke Tol Cipularang Kilometer 66 dan Exit Tol Cikopo diarahkan ke Pantura dan Purwakarta, semua kendaraan di dalam Tol akan diarahkan keluar melalui GT Pejagan menuju Jalur Selatan.

6. Bila di Kilometer 66 terjadi kepadatan arus lalulintas imbas dari Rest Area Kilometer 62 dan pertemuan arus dari Purbaleunyi maka mulai dari Kilometer 66 Tol Cipali-Kilometer 40 Cikampek akan diberlakukan Contra Flow.

7. Bila terjadi antrean sepanjang lima kilometer di GT Cikarut, maka akan dibuka tanpa adanya transaksi pembayaran hingga arus lalu lintas lancar.(BL/bbs)