Hore, Kemenag Bakal Perbaiki Gedung Madrasah Rusak di Banten

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin. (ist)

Kabar6-Kabar gembira bagi pengelola Madrasah yang ada di wilayah Provinsi Banten, khususnya bagi Madrasah yang rusak dan butuh perbaikan. Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan segera memperbaiki gedung Madrasah yang kondisinya rusak di Banten.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan pendataan bagi Madrasah yang kondisinya memprihatinkan di Banten.

“Mulai besok, saya akan mengajak Kakanwil Banten, Kabid Madrasah khususnya, untuk mulai besok pagi me-listing, inventarisasi madrasah di wilayah masing-masing,” kata Lukman menjelaskan di Hotel Le Dian, Kota Serang, Kamis (14/12/2017).

Menurut Lukman, proses pendataan harus dilakukan secara lengkap terkait kondisi madrasah di Banten. Data dimaksud bahkan mencakup kondisi bangunan seperti atap, lantai, keutuhan kursi dalam kondisi baik atau sebaliknya.

“Saya minta jajaran Kemenag, khususnya bidang madrasah memiliki inovasi dan kreasi baru. Lembaga pendidikan madrasah, saat ini sangat strategis. Bahkan di beberapa tempat, murid madrasah juga dinilai bisa berprestasi dan bersaing dengan sekolah umum,” ujarnya.

Madrasah, lanjut Lukman adalah salahsatu cara Kemenag untuk melanggengkan kehidupan beragama. Kehidupan beragama, menurutnya, tidak bisa diraih tanpa mengenyam pendidikan. Termasuk pendidikan agama yang baik di madrasah.**Baca Juga: WH Nyatakan Banten Masuk KLB Wabah Difteri.

“Saya lulusan madrasah. Dulu istilahnya sekolah Arab. Kita bisa mengenyam karena pendahulu, kita wajib melakukan hal positif,” tutur Lukman.(BL/bbs)