oleh

Ilmuwan Hong Kong Berhasil Ungkap Mahkluk ‘Cangkang Besi’ yang Hidup dalam Gunung Berapi

Kabar6-Para ilmuwan di Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong (HKUST) berhasil mengungkap misteri hewan penghuni gunung berapi yang memiliki cangkang besi.

Siput kaki bersisik besi, melansir mirror.co.uk, telah mengembangkan cangkang besi yang dapat bertahan hidup dalam ‘kondisi kehidupan yang mustahil’, dari ventilasi vulkanik bawah air.

Bagian licin yang menonjol keluar dari cangkang, dikenal sebagai kaki, dilapisi sisik dengan pelat besi. Ilmuwan meneliti 20 siput bersisik di sekitar 2.900 meter di bawah permukaan laut dari Samudra Hindia.

Spesies ini telah ditemukan di kedalaman sekira 2400-2800 meter di Samudra Hindia. ** Baca juga: Di Oklahoma Lahir Anak Anjing dengan Enam Kaki

“Kami menemukan bahwa satu gen, bernama MTP, protein toleransi logam, menunjukkan peningkatan 27 kali lipat dalam populasi dengan mineralisasi besi sulfida dibandingkan dengan yang tidak. Protein ini berfungsi untuk meningkatkan toleransi terhadap mineralisasi besi sulfida ion logam saat lahar panas mengalir,” kata Dr Sun Jin.

Di antara penemuan mereka adalah petunjuk genetik tentang pelindung logam siput. Ilmuwan percaya, toleransi ini memungkinkan siput bertahan hidup karena ion besi di lingkungan bereaksi dengan belerang di sisik mereka, menciptakan besi sulfida.

“Mengungkap genom siput ini memajukan pengetahuan kita tentang mekanisme genetik moluska, meletakkan dasar genetik yang membuka jalan untuk penerapan,” terang Dr. Qian Peiyuan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru