oleh

Hitung Berapa Banyak Protein dalam Telur Rebus

Kabar6-Telur menjadi makanan yang banyak dipilih orang, entah itu saat sarapan, makan siang, atau makan malam, karena selain lezat juga praktis diolah sebagai menu harian.

Sebutir telur rebus yang berukuran besar hanya mengandung 78 kalori serta vitamin A dan vitamin B kompleks. Merebus telur tidak menambahkan jumlah lemak di dalamnya. Telur merupakan sumber protein yang baik. Hal yang perlu diingat, telur tidak mengandung karbohidrat dan mengandung banyak kolesterol.

Protein berfungsi untuk membentuk struktur sel, membentuk dan memperbaiki jaringan, dan diperlukan untuk berbagai proses lainnya bagi kesehatan seperti hormon, enzim, dan hemoglobin.

Saat dicerna, protein akan dipecah menjadi asam amino, yang kemudian akan digunakan oleh tubuh untuk membentuk berbagai protein khusus yang diperlukan tubuh. Mengonsumsi protein setiap harinya sangat penting karena tubuh Anda tidak dapat menyimpan dan membentuk asam amino.

Berapa dosis harian protein? Melansir healthyeating.sfgate, pria harus mengonsumsi 56 gram protein, dan wanita sebanyak 46 gram protein setiap harinya. Atlet dan orang-orang yang harus melakukan berbagai olahraga berat membutuhkan lebih banyak protein. Jumlah protein yang dibutuhkan setiap harinya dapat bervariasi, tergantung pada kondisi kesehatan Anda.

Telur merupakan sumber protein yang baik dan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan. Satu butir telur rebus mengandung 6,29 gram protein, sehingga dapat memenuhi 11 persen kebutuhan protein harian pria dan 14 persen kebutuhan protein harian wanita.

Pada telur ukuran besar, sekira 43 persen protein ditemukan pada kuning telur, tergantung pada ukuran kuning telur. Bila hanya mengonsumsi putih telur, maka Anda hanya memperoleh setengah dari total protein di dalam telur.

Satu hal yang perlu diingat, telur juga tinggi kolesterol. Jika Anda merupakan orang yang sehat, batasi konsumsi kolesterol harian hingga 300 mg atau kurang. Sebutir telur rebus ukuran besar mengandung 186 mg kolesterol.

Namun jika Anda memiliki gangguan jantung dan pembuluh darah atau memiliki kadar kolesterol yang tinggi, maka batasi konsumsi kolesterol harian hingga 200 mg.

Konsumsi lemak total Anda setiap harinya seharusnya tidak lebih dari 25-35 persen total kalori harian, di mana lemak jenuh tidak lebih dari tujuh persen. ** Baca juga: Selain Tubuh Jadi Bugar, Tidur Ternyata Bisa Bikin Wanita Lebih Cerdas

Sebutir telur rebus mengandung 5,3 gram lemak dan 1,63 gram lemak jenuh, yang berarti 47,7 kalori yang berasal dari lemak, dan 14,7 kalori yang berasal dari lemak jenuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru