oleh

3 Jenis Makanan yang Disebut Paling Ideal untuk Diet Sehat

Kabar6-Diet dianggap menjadi salah satu cara paling mudah untuk menurunkan berat badan. Diet sendiri memiliki beragam jenis sehingga tak bisa asal dilakukan, terlebih tanpa konsultasi dengan dokter. Hal ini karena kebutuhan kalori tiap orang berbeda.

Mengurangi jumlah kalori dapat dilakukan dengan memilih jenis asupan yang baik dan lebih mengenyangkan. Melansir Viva, ada tiga jenis makanan agar Anda tetap dapat menjaga bobot tubuh sekaligus membangun imunitas dengan baik. Apa sajakah itu?

1. Karbohidrat
Karbohidrat menjadi kebutuhan pokok tiap orang, meski telah menjalani diet sekalipun. Jangan pernah mencoba diet dengan tanpa mengonsumsi karbohidrat sama sekali.

Pilihlah jenis karbohidrat yang membuat kenyang lebih lama. Ada jenis karbohidrat kompleks yang membuat penyerapannya dilakukan secara perlahan oleh tubuh. Beberapa jenis karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum, atau shiratake.

Diet sehat itu selain kalori terpenuhi, gizi juga seimbang. Salah satu syarat kenyang, karbohidrat harus terpenuhi seperti dari nasi merah.

2. Protein
Jenis tinggi protein dan rendah lemak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi demi memangkas bobot tubuh berlebih. Pilihannya seperti daging ayam tanpa kulit, tempe, hingga tahu.

Cara pengolahan pun harus tepat yakni direbus, tumis, bakar, panggang, atau goreng dengan sangat sedikit minyak. Hal ini karena minyak adalah sumber lemak yang disarankan dengan batasan lima sendok makan per hari. Jika ingin memakai minyak, pilih jenis yang sehat seperti minyak zaitun.

Jika ingin mendapatkan tinggi protein dan mengenyangkan, pilih cara dengan pepes, bakar, panggang, sop, atau tumis. ** Baca juga: Pola Makan Harian Mainkan Peran Penting Bagi Kondisi Kesehatan Anda

3. Serat
Kebutuhan serat dipenuhi dari aneka sayur dan buah. Serat sendiri akan mampu membuat tubuh merasa lebih kenyang dari biasanya. Karena itulah, buah dan sayur perlu dikonsumsi untuk membuat bobot tubuh lebih ideal.

Anda disarankan memperbanyak konsumsi serat dari sayur dan buah karena serat bisa memperlambat proses penyerapan di lambung jadi kenyang lebih lama.

Bagi yang tak suka sayur bisa modifikasi cara pengolahannya, misal tumis dengan lauk yang disukai atau campur dengan telur dadar. Hal ini karena sayur dan buah juga merupakan sumber vitamin dan mineral.

Konsumsi sayur dan buah diperbolehkan tiga porsi agar daya tahan tubuh tetap baik. Vitamin dan mineral yang terpenuhi membuat Anda tidak gampang sakit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru