oleh

Hemat Biaya Pemakaman, di Jepang Ada Peti Mati Rakitan

Kabar6-Sebuah perusahaan di Jepang bernama Tsubasa Public Utility Co, menciptakan gagasan unik sekaligus cerdas yang disebut dapat menghemat biaya pemakaman, yaitu dengan membuat peti mati rakitan.

Perusahaan ini, melansir mirror.co.uk, menjual satu set peti mati rakitan sampai sepanjang 182 cm, dengan harga Rp4,6 juta belum termasuk ongkos kirim. Peti mati rakitan ini berisi satu set kayu, kotak untuk menyimpan abu bagi mereka yang dikremasi, bantal, besi penyangga peti mati, kasur sebagai alas mayat, buku tamu hingga selimut penutup jenazah.

Pada buku panduan dijelaskan tentang tata cara melakukan upacara penghormatan jenazah yang diharapkan bisa membantu jiwa almarhum/almarhumah meninggalkan dunia dengan tenang.

“Dalam satu set peti mati rakitan ini, kami juga memberikan buku manual bagaimana meletakkan jenazah, mengkremasi, membuat janji dengan pihak krematorium dan hal-hal seperti itu semuanya tertuang jelas,” jelas Shinohara Norifumi, CEO dari Tsubasa Public Utility Co.

Menurut Norifumi, pemakaman zaman sekarang membutuhkan biaya cukup mahal, dan di Jepang hal ini telah menjadi sebuah beban bagi keluarga yang ditinggalkan. Rata-rata biaya pemakaman di Jepang sebesar sekira Rp188 juta. ** Baca juga: Obesitas, Seekor Burung Hantu Tidak Bisa Terbang

Apabila seseorang menggunakan peti mati rakitan buatan perusahaannya, dikatakan Norifumi, biaya pemakaman mungkin hanya berkisar Rp3,7 juta.(ilj/bbs)

Berita Terbaru