oleh

Obesitas, Seekor Burung Hantu Tidak Bisa Terbang

Kabar6-Siapa bilang masalah kelebihan berat badan seperti obesitas hanya monopoli manusia? Kisah yang satu ini membuktikan bahwa obesitas juga menjadi masalah bagi sejumlah hewan.

Seekor burung hantu yang jatuh di selokan mendapat pertolongan dari tim penyelamat di Kota Suffolk, Inggris. Semula, mereka khawatir burung hantu itu mengalami luka sehingga membuatnya tak bisa terbang.

Namun setelah dilihat lebih jauh, melansir Dailymail, ada penyebab lain yang sungguh mengejutkan. Tempat penangkaran hewan Suffolk Owl Sanctuary yang merawat burung hantu itu menemukan, hewan tersebut rupanya mengalami obesitas atau alias kelebihan berat badan sehingga membuatnya tak bisa terbang. Disebutkan, bobot burung hantu itu 245 gram. Padahal berat seharusnya tak lebih dari sepertiga dari jumlah berat tersebut.

Timbunan lemak di sekitar tubuh burung hantu itu telah membuatnya tak bisa terbang secara efektif. Petugas perawat burung hantu tadi lantas memutuskan melakukan pemantauan selama beberapa minggu ke depan untuk melihat mengapa burung hantu itu bisa mengalami obesitas.

Rupanya, burung hantu tersebut mengalami obesitas karena faktor alami. Tempat burung hantu itu ditemukan adalah sarang tikus dan juga faktor cuaca yang ringan pada Desember 2019. Setelah menjalani diet ketat, burung hantu itu pun bisa terbang kembali. ** Baca juga: Bersama Seekor Musang, Pria Inggris Ini Keliling Dunia untuk Usir Kesedihan yang Dialaminya

Kira-kira, burung hantu tadi menggunakan metode diet apa, ya? (ilj/bbs)

Berita Terbaru