oleh

H-9 Lebaran, Penumpang Pelabuhan Merak Naik 20 Persen

Kabar6-Jumlah penumpang yang datang di Terminal Terpadu Merak (TTM) mulai mengalami peningkatan pada H-9 Lebaran 2015 atau Kamis (9/7/2015). Seperti tren tahun sebelumnya, penumpang datang secara bersamaan pada malam hari.

 

Staf Tata Usaha Terminal Terpadu Merak, Iwan Yuhendra, mengungkapkan peningkatan jumlah penumpang yang datang ke TTM dan hendak menyeberang ke Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Merak mulai terjadi setidaknya tiga hari terakhir. Kebanyakan, penumpang berasal dari Jakarta dan sejumlah daerah di sekitarnya.

 

“Sudah beberapa malam, penumpang yang datang mau menyeberang mulai meningkat. Ramainya itu kalau malam hari, kenaikan sekitar 20 persen,” kata Iwan ditemui di TTM, Kamis (9/7/2015). ** Baca juga: Ledakan di mall @ alam sutera, Polisi: Jangan Berspekulasi Bom

 

Iwan menduga, pemudik memilih untuk menyeberang lebih awal untuk menghindari kemacetan di jalur mudik. Terlebih, saat ini anak sekolah sudah memasuki masa libur panjang.

 

“Anak sekolah sudah libur, jadi pemudik banyak yang memilih pulang kampung lebih awal untuk menghindari kemacetan dan penumpukan pemudik pejalan kaki di pelabuhan,” kata Iwan.

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Terpadu Merak (TTM) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon juga menjamin pemudik yang akan menggunakan jasa transportasi bus tidak akan terlantar.

 

Demi kelancaran arus mudik Lebaran 2015, sebanyak 510 armada bus antar kota antar provinsi (AKAP) disiagakan. Jumlah tersebut belum termasuk 120 armada cadangan yang siap dioperasikan saat terjadi lonjakan pemudik.

 

“Untuk hari-hari biasa jumlah armada bus yang menggunakan terminal sekitar 320 armada. Namun, pada arus mudik nanti akan kita optimalkan menjadi 510 armada dan ada juga 120 bus tambahan jika terjadi lonjakan penumpang,” ujarnya.(van)

Berita Terbaru