oleh

Gempa Magnitudo 4.0 Guncang Pandeglang

Kabar6-Gema bumi dengan magnitudo 4.0 mengguncang Kabupaten Pandeglang pada Kamis (28/2/2019) pukul 07:54:25 WIB.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.35 LS dan 105.33 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 95 Km BaratDaya Pandeglang, Provinsi Banten pada kedalaman 11 km.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hingga pukul 08:20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 1 gempa bumi susulan.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa tersebut.

Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

Sementara, guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Labuan III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.**Baca juga: HUT Ke 26 Kota Tangerang, Satpol PP Musnahkan Belasan Ribu Botol Miras.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,”kata Joko dalam keterangan tertulisnya.(Aep)

Berita Terbaru