oleh

Gemar Makan Kepiting, Ketahui Dulu Manfaat & Bahayanya

Kabar6-Kepiting menjadi salah satu jenis hidangan laut yang menjadi favorit banyak orang. Merupakan sumber vitamin A, vitamin C dan vitamin B serta mineral seperti zinc dan tembaga. Kepiting juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak.

Meskipun demikian, berlebihan mengonsumsi kepiting juga tidak disarankan karena dapat mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan. Apa saja sih manfaat dan bahaya konsumsi kepiting? Melansir beberapa sumber, berikut uraiannya:

Manfaat kepiting bagi kesehatan
1. Percepat penyembuhan luka
Protein, vitamin B12 dan mineral zinc pada kepiting berfungsi mempercepat penyembuhan luka dan membantu produksi darah merah. Protein pada kepiting dapat memperbaiki sel-sl yang rusak.

2. Tingkatkan energi & stamina
Kandungan vitamin V12 yang memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino ditambah proteinnya yang tinggi bermanfaat dalam mengatur metabolisme dalam tubuh dan meningkatkan stamina.

3. Pelihara kesehatan mata
Kepiting mengandung vitamin A yang membantu memelihara kesehatan mata.

4. Cerdaskan otak
Kepiting mengadung omega-3 yang baik untuk membantu memelihara kesehatan otak dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Jaga kesehatan kulit
Kepiting mengandung zinc yang dapat membantu menghilangkan dan mencegah jerawat. Zinc dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit. Zinc juga mendukung pertumbuhan sel kulit yang sehat sekaligus membantu dalam penyembuhan luka pada kulit.

6. Jaga kesehatan jantung
Kepiting merupakan sumber asam lemak omega-3 dalam darah yang dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu kandungan magnesium dalam kepiting juga mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskuler.

7. Cegah anemia
Vitamin B12, mineral copper dan mineral zinc pada kepiting dapat membantu memproduksi sel darah merah sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. ** Baca juga: Olahraga dengan Wajah Penuh Make-up Tidak Disarankan

Sementara itu karena kepiting memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, maka mengonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Kepiting juga memiliki kadar natrium yang tinggi, sehingga beberapa orang yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) di anjurkan untuk membatasi konsumsi kepiting.

Kepiting boleh dikonsumsi sampai 3-4 kali dalam seminggu, namun perlu hati-hati mengingat kandungan natriumnya yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan udang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru