oleh

Festival Cagar 54 Kelurahan, Sekda: Untuk Pahami Budaya di Kota Tangsel

Kabar6-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuka Festival Cagar pada 54 kelurahan di Serpong, Senin 28 Maret 2022.

Event tersebut merupakan wujud perhatian Dikbud Kota Tangsel kepada sejarah yang berada di Kota bertajuk ‘Cerdas, Modern, dan Religius’ tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Bambang Noertjahjo mengatakan, festival ini pada dasarnya upaya Pemerintah Kota (Pemkot Tangsel) untuk memastikan, memahami serta mengerti budaya yang ada di Kota Tangsel.

“(Kita, red) Sudah memiliki Perda tentang Cagar Budaya, hanya saat ini baru 2 yang terverified (dikukuhkan, red),” ujarnya dilokasi.

“Harapannya melalui festival ini kita dapat lebih mengetahui lagi apakah hanya 2 atau lebih yang terverifikasi sesuai dengan kriteria-kriteria penetapan Cagar Budaya,” ungkapnya.

**Baca juga: Sekda Tangsel Sebut Lusa Terbit SK Penonaktifan Kepala SMPN 17

Dijelaskannya, Cagar Budaya itu tidak bisa hanya ditemukan saja, tetapi perlu dilakukan perawatan. Lanjutnya, setelah semua tahapan dikerjakan yang dimulai dari menemukan, memastikan, selanjutnya pihaknya tidak hanya memelihara, tetapi juga bisa mengkapitalisasi budaya.

“Bukan hanya memelohara saja, kita juga harus bisa mengkapitalisasi budaya ini menjadi suatu yang baik bagi masyarakat Kota Tangsel yang bagaimanapun juga tadi saya bilang kita harus punya akar budaya untuk menjadi suatu daerah yang maju,” tutupnya.(eka)