oleh

Diet Golongan Darah O yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Kabar6-Konsep diet golongan darah dicetuskan oleh dr Peter J. D’adamo dari Amerika Serikat. Golongan darah, menurut D’adamo, mempengaruhi sistem pencernaan sehingga jika jenis makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan karakteristik darah, maka akan menimbulkan berbagai masalah metabolisme.

Kondisi ini bisa terjadi karena setiap golongan darah mencerna kandungan lektin atau sejenis protein pada makanan secara berbeda. Bila kandungan lektin dari makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan golongan darah, maka hal ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti perut kembung, metabolisme melambat, dan penyakit lainnya.

Diet golongan darah, melansir beberapa sumber, merupakan pengaturan pola makan sehari-hari berdasarkan golongan darah yang dimiliki seseorang. Diet ini diklasifikasikan berdasarkan golongan darah A, B, O, dan AB. Nah, untuk karakteristik orang bergolongan darah O adalah memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik, serta memiliki daya tahan tubuh alami yang kuat terhadap infeksi. Namun, diet yang direkomendasi bagi pemilik golongan darah O adalah diet protein tinggi seperti daging unggas, makanan laut, telur, kacang-kacangan, susu, keju, dan yoghurt.

Pemilik golongan darah O wajib tahu makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari. Sumber protein yang baik dikonsumsi antara lain adalah daging sapi, domba, ikan kod, ikan haring, makerel. Sementara protein yang dihindari seperti daging babi asap (bacon), ham, daging babi, ikan lele, salmon asap, kaviar, gurita.

Biji-bijian dan kacang-kacangan yang baik dikonsumsi tapi perlu dibatasi adalah jenis padi-padian dan kacang-kacangan seperti kacang polong. Sedangkan yang harus dihindari adalah gandum, jagung, kacang merah karena bisa memicu alergi.

Buah yang baik dikonsumsi adalah pisang dan mangga, sementara buah yang harus dihindari adalah melon, blewah, jeruk, stroberi, kelapa serta kiwi. Untuk sayuran terbaik dalam diet golongan darah O antara lain daun seledri, daun bawang, kangkung, bayam, buncis, dan brokoli. Sedangkan sayuran yang perlu dihindari adalah sawi hijau, kubis, kol bunga, jamur shitake, kentang, terong, dan jagung.

Selain menjalani diet, Anda perlu mengimbangi dengan olahraga rutin. Jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah O adalah olahraga yang melatih ketahanan tubuh seperti berlari.

Diet ini juga menganjurkan pemilik golongan darah O mengonsumsi vitamin B. Anda juga disarankan minum suplemen untuk mendapatkan asupan kalsium, karena diet ini menyarankan untuk menghindari produk susu. ** Baca juga: Mengapa Batuk atau Pilek Bertambah Parah di Malam Hari?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru