Diare, Ini 4 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat Anda mengalami diare, segala aktivitas harian tentu menjadi terhambat. Bagaimana tidak, Anda harus ‘menghabiskan waktu’ dengan bolak-balik ke toilet.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat Anda mengalami diare adalah makanan yang dikonsumsi. Seperti dilansir Teen, ada empat 4 jenis makanan yang sebaiknya dihindari dulu saat mengalami diare: Apa sajakah itu?

1. Olahan susu
Makanan dan minuman yang terbuat dari olahan diketahui mengandung laktosa tinggi. Hal itu bisa membuat usus kesulitan mencerna, sehingga bisa mengakibatkan diare menjadi lebih buruk.

2. Makanan pedas
Kandungan capcaisin pada cabai bisa membuat iritasi saluran pencernaan, sehingga diare pun bisa bertambah parah.

3. Makanan yang memiliki serat tinggi
Makanan berserat memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun saat sedang diare, makanan yang berserat justru menjadi pantangan. Makanan berserat tinggi seperti gandum utuh atau sayuran seperti brokoli, kubis hingga kembang kol bisa memperburuk kondisi diare karena sulit dicerna oleh usus.

4. Makanan yang berminyak
Makanan berminyak seperti gorengan bisa membuat otot perut tegang dan menjadikan diare semakin parah. Selain itu, makanan berminyak juga bisa membuat perut jadi semakin kembung, sehingga rasa sakitnya bisa lebih menyiksa. ** Baca juga: Bermimpi Buruk Ternyata Bisa Bahayakan Kesehatan

Yuk, hindari dulu makanan-makanan yang membuat diare bertambah parah.(ilj/bbs)