oleh

Di Hari Pernikahan, Pengantin Wanita Bawa Lari Uang Mahar Senilai Rp3,9 Miliar

Kabar6-Malang benar nasib seorang pengantin pria bernama Jin Dong ini. Bagaimana tidak, pria itu ditipu habis-habisan oleh pengantin wanita, Yu Qing Weng, yang membawa kabur uanh mahar senilai Rp3,9 miliar dan perhiasan hadiah pertunangan mereka.

Dong dicampakkan oleh Weng tepat sebelum melakukan ikrar di atas altar. Tak terima dengan perlakuan tersebut, melansir Nypost, pria yang tinggal di New York itu menggugat Weng dan orangtuanya di Mahkamah Agung Manhattan. Dong dan Weng diketahui bermigrasi ke New York dari Provinsi Fujian, Tiongkok.

Keduanya mulai terlibat hubungan serius sejak 2016 lalu, dan sepakat untuk menikah di aula perjamuan Queens. “Sebagai imbalan atas janji untuk menikahinya secara resmi dan dalam adat negara asal, Jin Dong membayar enam digit untuk biaya pernikahan dan hadiah,” demikian tulis gugatan pada Mahkamah Agung Manhattan.

Dana pernikahan enam digit itu dikumpulkan dari teman-teman dan keluarga Dong. Sedangkan Dong menghabiskan biaya US$55.833 untuk menyewa aula, US$3.300 untuk foto pernikahan, US$1.800 untuk penghulu, US$4.000 untuk prosesi pernikahan, dan US$1.000 untuk kue.

Selain membayar mahar uang tunai, Dong juga memberi hadiah penghargaan senilai US$5.300 yang diberikan untuk ibu mertuanya. Sementara saudara laki-laki dan nenek pengantin wanita masing-masing juga menerima US$2.000.

“Weng sendiri mendapat US$110.000 dalam bentuk uang tunai dan perhiasan emas pertunangan senilai sekira US$40.000,” menurut dokumen pengadilan.

Pasangan itu menikmati perjamuan mewah, tetapi kemudian Weng kabur ketika tiba waktunya untuk menikahi Dong dalam upacara sipil. Weng meninggalkan rumah yang dia tinggali bersama Dong, dan tidak pernah kembali.

“Weng mengambil semua uang dan perhiasan yang dia terima untuk pernikahan yang direncanakan,” kata gugatan itu. ** Baca juga: Tega! 3 Bulan Nikah, Wanita Jepang Ini Bunuh Suaminya dengan Obat Kuat Ilegal

Ibu Weng hanya mengembalikan US$1.500 kepada Dong. Di sisi lain, Weng mantan dan kerabatnya menolak mengembalikan sisa uang, sehingga Dong mencurigai pertunangan itu palsu.

“Yu Qing Weng tidak pernah bermaksud untuk menikahi penggugat secara hukum,” kata Dong dalam dokumen pengadilan.

Pria itu menuntut Weng mengganti kerugian dengan total US$287 ribu yang dihabiskan untuk pesta dan hadiah. Namun Weng dan orangtuanya belum memberikan komentar atas insiden ini.(ilj/bbs)

Berita Terbaru