oleh

Cara Mudah ‘Istirahatkan’ Otak

Kabar6-Otak merupakan salah satu organ vital pada manusia. Otak memiliki bagian beserta fungsinya tersendiri, masing-masing memiliki tugas tertentu yang mempengaruhi sistem kerja tubuh.

Karena itulah, Anda pun disarankan untuk ‘mengistirahatkan’ otak dengan menikmati momen liburan. Bagaimana caranya? Melansir beberapa sumber, berikut beberapa cara yang dimaksud:

1. Lakukan detoks digital saat liburan. Letakkan keterangan out-of-office pada e-mail Anda dan jangan memeriksanya. Tinggalkan perangkat-perangkat Anda di kamar hotel atau apartemen seharian ketimbang membawanya ke kolam renang atau pantai.

2. Jika Anda mulai memikirkan pekerjaan, lakukan meditasi kecil. Tidak ada yang perlu tahu apa yang Anda lakukan. Tutup mata, bernapas dalam-dalam, dan periksa seluruh anggota tubuh, dari kaki hingga ujung kepala.

Tarik napas selama empat hitungan dan lihat apabila Anda dapat membuangnya selama delapan hitungan. Ini akan mengurangi tingkat adrenalin dan kortisol dalam tubuh, mengurangi stres serta membiarkan jaringan default melakukan tugasnya.

3. Pilih buku dan majalah yang akan membawa Anda ke tempat lain. Pilih novel ketimbang buku-buku faktual, karena akan lebih memicu imajinasi Anda dengan meningkatkan koneksi di otak.

Pertimbangkan untuk membaca karya penulis baru atau jenis fiksi yang biasanya tidak menarik perhatian Anda. Memberi ‘makan’ otak dengan metode ini merupakan cara baik untuk membantunya mengubah mode.

4. Salurkan energi yang biasanya Anda masukkan ke pekerjaan dalam rileksasi, ubah menjadi tantangan. Berapa banyak rileksasi, kesenangan, pengalaman baru, dan interaksi berkualitas dengan orang tercinta yang dapat Anda kemas?

Ini bukan mengenai jadwal dan kegiatan yang padat, melainkan tentang mencoba untuk sepenuhnya hadir dan menikmati setiap momen. ** Baca juga: Rambut Rontok, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru