oleh

Bupati Pandeglang Sebut Guru Honorer Bukan Tinggal Ditoilet, Tapi Disampingnya

Kabar6-Bupati Pandeglang Irna Narulita menegaskan, jika Nining (44) guru honorer di SD Negeri Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis tidak tinggal di toilet sekolah, tetapi tinggal disebuah ruangan yang bersampingan dengan toilet.

“Jadi ada TKS (Tenaga Kerja Sukarela) pengen jadi guru. (Orangnya) yang suka pengen bantuan kepala sekolah. Ternyata enak disitu numpang disitu (sekolah red). Bukan di WC, sebelahnya (toilet) ada ruangan yang mereka tinggalin, mau bangun rumah belum bisa,” kata Irna menganggapi kondisi Nining di Setda Pandeglang, Senin (15/7/2019).

Irna menilai pemberitaan Nining yang tinggal Ditoilet sekolah seolah menjadi bahan gorengan media. Bahkan, Irna mengaku sempat memarahi Camat Cigeulis supaya bisa berkoordinasi dengan dinas lain jika ada masalah yang dapat diselesaikan dibawah.

“Enak sih digoreng-goreng gitu yah, he he. Saya marahin camatnya, kamu digoreng-goreng media baru. Harusnya kepala sekolah panggil. saya bilang, Kabid SD (Dindikbud) Pak Agus , harusnya yang urgent itu koordinasi dengan Perkim kah atau Dinsos kah, jadi yang bisa diselesai selesaikan (tidak) semua harus ke bupati,”ujar Irna saat menceritakan percakapannya dengan Camat Cigeulis.

“Ya Bu akan segara dikomunikasikan, udah ramai saya bilang. Camat harus dengar aspirasi usulkan yang urgent-urgent ke dinas terkait,” sambung Bupati perempuan pertama di Pandeglang ini.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, bawah Nining juga memiliki tahan yang bisa dijadikan rumah.

“Punya tanah gak mereka, katanya punya tanah. Kalau punya tanahkan harusnya segera di bangun. Bahkan keluarganya banyak tanahnya. Camat dan koorwil berencana akan membangun rumahnya insyallah. Bukan tinggal DI WC tapi sebelahnya,” ujar Irna.

Meski begitu, Pemkab Pandeglang tetap punya itikad baik untuk membangunkan rumahnya jika yang bersangkutan memiliki tanah.

Jika tidak, keluarganya bisa memberikan tanahnya berbentuk hibah. Bahkan ia sempat mengotak-atik bantuan rumah di tahun ini dari pemerintah pusat agar Nining mendapatkan bantuan rumah.

Namun ternyata bantuan yang diberikan pemerintah pusat sudah sudah tidak dialihkan ke nama lain. Maka dari itu Irna meminta Nining agar diprioritaskan pada 2020.

**Baca juga: Kisah Guru Bergaji Rp300 Ribu di Pandeglang yang Tinggal di Toilet Sekolah.

“Saya bilang ke Kadis Perkim, saya minta slot 30 agar apabila kegiatan seperti ini saya punya cadangan. Namun ternyata bantuan dari pusat sudah by name by adrest. Lalu bagimana dengan ibu Ini, kalau gak bisa sekarang Pak Kadis Perkim jangan nabrak aturan. Tahun 2020 jangan lewat lagi buat Bu yang di Cigeulis,”tandas Irna.

Nining dan Ebi adalah pasangan suami istri yang tinggal di toilet SD Negeri Karyabuana 3. Setiap hari Nining dan Ebi melakukan aktivitas memasak dan lain-lainnya.

Namun untuk tidur dan aktifitas lainnya, Ebi dan Nining membuat ruangan baru dengan menyekat bagian pinggir toilet.(Aep)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru