oleh

Bukan Cuma Meningkatkan Partisipasi Pemilih, Ini Tugas Relawan Demokrasi yang Direkrut KPU

Kabar6-Relawan demokrasi yang direkrut KPU diharapkan mampu menggerakan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Hal ini mengingat pada setiap gelaran demokrasi, angka partisipasi pemilih yang fluktuatif.

“Keberadaan relawan demokrasi memang jadi kebutuhan membantu KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Ketua KPU Provinsi Banten, Wahyul Furqon ditemui di sela-sela bimbingan teknis Relawan Demokrasi Kabupaten Lebak, di Hotel Kharisma, Rangkasbitung, Senin (21/1/2019).

Selain meningkatkan partisipasi pemilih, 55 relawan demokrasi yang disebar untuk 7 basis pemilih ini juga mempunyai tiga tugas berat lainnya.

“Meningkatkan kualitas Pemilu, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan menggerakan kerelaan masyarakat sipil dalam Pemilu dan demokrasi,” sebut Furqon.

Penguatan kompetensi sebagai modal para relawan sambung Furqon dimulai dari bimbingan teknis yang berisi materi-materi penting untuk menyampaikan kepemiluan dan demokrasi kepada basis pemilih tersebut.

“Kami harap masyatakat menjadi pemilih cerdas artinya memilih tidak sekedar memilih. Ini tugas teman-teman relawan,” ujarnya.

Furqon memastikan, relawan demokrasi tidak ada yang menjadi tim sukses peserta Pemilu.**Baca juga: Anggota Partai, Komisioner KPU Tangsel Kena Peringatan Keras.

“Kami pastikan bahwa keanggotaan mereka harus non partisan. Tidak boleh bekerja dua kaki, satu sisi sebagai relawan tapi sisi lain sebagai tim sukses. Komitmen kita ikat dengan pakta integritas,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru