oleh

Buka Pesta Rakyat Cibaliung, Bupati Pandeglang Naik Singa-singaan

Kabar6-Pesta Rakyat Cibaliung (PRC), Kabupaten Pandegang secara turun temurun diselenggarakan. Kick off Bupati Pandeglang Irna Narulita ditangah lapangan Cibaliung menandakan PRC 2019 resmi dibuka, Kamis (15/8/2019).

Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI itu dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat. Pasalnya banyak pedagang di sekitar lapangan berasal dari luar Pandegang.

“Cibaliung merupakan urat nadi perekonomian Kabupaten Pandeglang, setiap event 17 Agustus,” kata Irna, Kamis (15/8/2019).

Mantan anggota DPR RI sempat naik singa-singaan dari Kantor Kecamatan Cibaliung ke lapangan, untuk membuka kegiatan itu serta melihat stand produk unggulan setiap desa yang di pajang di samping lapangan. Menurutnya, budaya lokal harus tetap dilestarikan.

“Kita angkat kearifan lokal, budaya dan destinasi wisata, kalau tidak punya pantai disini (Cibaliung red) budayanya yang diangkat,” terangnya.

Camat Cibaliung Djaya Sumarna mengungkapkan, kegiatan PRC dilakukan selama satu bulan mulai dari 17 Juli hingga 17 Agustus.

Penyelenggaraan PRC dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, bahkan masuk kalender tahun Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Meriahnya kegiatan tersebut tentunya mendatang pundi pundi rupiah bagi pedagang yang sudah memadati areal lapangan. Bahkan Djaya menyebutkan perputaran uang diperkirakan puluhan miliar.**Baca juga: 228 Mahasiswa Baru UEU Pengenalan Lingkungan di Kampus CitraRaya.

“Semua yang kumpul di Cibaliung ini kan bawa uang, Jadi beredar uang yang cukup besar, Hampir puluhan miliar,” sebutnya.(Aep)

Berita Terbaru