oleh

Budayawan Radhar Panca Meninggal, Lukman Hakim: Sosok yang Patut Diteladani

Kabar6-Mantan Menteri Agama Indonesia ke-22, Lukman Hakim Saifuddin memandang almarhum Budayawan ternama Radhar Panca Dahana sebagai sosok yang patut diteladankan bagi seluruh masyarakat Indonesia terkhusus budayawan.

Menurut Lukman, Radhar merupakan contoh yang hidupnya didedikasikan untuk kemajuan kebudayaan di Indonesia. “Tidak ada hari tanpa almarhum berbicara yang tidak ada kaitannya dengan budaya, jadi beliau adalah tokoh kebudayaan kita,” ujarnya kepada Kabar6.com di rumah duka di Villa Pamulang Blok CV-6 Nomor 3, Kota Tangerang Selatan, Jumat (23/4/2021).

Lukman menerangkan, almarhum Radhar patut dipelajari, terutama 1 hal yaitu kegigihan almarhum untuk terus hidup ditengah-tengah sakit yang dideritanya. “Yang menurut perhitungan medis sudah tidak memungkinkan, tetapi karena komitmen beliau yang luar biasa bagi ke Indonesiaan,” terangnya.

Mantan Wakil Ketua MPR ini menerangkan, almarhum Radhar bekerja menebarkan manfaat kemaslahatan bagi banyak orang, Radhar terus mendedikasikan dengan baik ditengah-tengah rasa sakit yang luar biasa.

Bahkan, Lukman menjelaskan, almarhum Radhar kadang-kadang mundur untuk sementara ditengah-tengah seminar maupun forum diskusi hanya sekedar untukcmengstasi rasa sakitnya.

“Karena kadang-kadang ditengah-tengah seminar atau ditengah-tengah forum diskusi, beliau mundur dari forum, tidak untuk meninggalkan forum, tapi sekedar untuk bagaimana beliau bisa lebih mengatasi rasa sakitnya lalu kemudian beliau kembali lagi,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan almarhum berpulang secara husnul khotimah, diampuni segala kesalahan dam khilaf nya, dan diterima amal kebajikannya, dan ditempatkan oleh Allah ditempat sebaik-baiknya,” tutupnya.

**Baca juga: Jenazah Budayawan Radhar Panca Dahana Diberangkatkan ke TPU Tanah Kusir

Diberitakan sebelumnya, Jenazah budayawan terkenal Radhar Panca Dahana berangkat dari kediamannya menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir yang sebelumnya telah disholatkan di Masjid At-Taubah Pamulang dengan dihadiri ratusan jemaah, Jumat 23 April 2021.

Dalam pantauan Kabar6.com di rumahnya yang berlokasi di Villa Pamulang Blok CV-6 Nomor 3, Kota Tangerang Selatan. Sanak keluarga serta kerabat almarhum Radhar ikut mengiringi ambulans jenazah menuju Tanah Kusir.(eka)

Berita Terbaru