oleh

BPBD Lebak Cari Tahu Penyebab Banjir di Cigalempong

Kabar6-Banjir melanda wilayah Cigalempong, Desa Nameng, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, pada Senin (1/11/2021). Bahkan dilaporkan, ketinggian banjir mencapai 2 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak Febby Rizki Pratama mengaku, banjir di wilayah Nameng kemarin menjadi perhatiannya. Untuk itu, BPBD akan mencari tahu penyebab banjir tersebut.

“Kami akan melakukan susur Kali Cigalempong sampai ke hulunya. Apa penyebab kali tersebut meluap, apa karena kondisi kali yang dangkal akibat sedimentasi lumpur atau ada faktor lain,” kata Febby saat dihubungi Kabar6.com, Selasa (2/11/2021).

Karena yang membuat Febby heran adalah dengan kondisi kali kecil tersebut, namun menyebabkan banjir yang tak hanya rumah warga akan tetapi hingga merenda persawahan hingga memutus akses jalan.

“Ini yang akan kami telusuri dan cari tahu penyebabnya kenapa dan akibat apa banjir yang merendam wilayah tersebut,” terang Febby.

**Baca juga: Polda Banten Gagalkan Peredaran Sabu Di Lebak Dan Pandeglang

Saat banjir terjadi, pihak BPBD menerjunkan perahu karet ke lokasi. Namun, perahu bukan untuk mengevakuasi warga ke tempat tak terdampak banjir melainkan membantu warga untuk menuju rumah mereka.

“Kami kirim perahu karet bukan untuk evakuasi warga, tetapi perahu itu untuk membantu warga yang datang sehabis bekerja di Jakarta tetapi tidak bisa ke rumah karena banjir. Kami bantu mereka dengan perahu karet,” katanya.(Nda)