Berenang Malam Hari Tidak Disarankan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak digemari. Tidak hanya pagi atau siang hari, sebagian orang memilih berenang pada malam hari karena aktivitas padat dari pagi hingga sore.

Namun beberapa penelitian mengungkapkan, berenang pada malam hari ternyata berbahaya dan memiliki dampak bagi kesehatan. Dikutip dari beberpa sumber, berikut alasan mengapa berenang pada malam hari tidak disarankan:

1. Kurangi daya tahan tubuh
Hal ini dapat terjadi karena tubuh akan merasa sangat lelah, setelah seharian melakukan aktivitas. Diketahui, renang merupakan salah satu jenis olahraga berat dan menguras energi. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan kita akan mudah mengalami kelelahan dan juga keletihan.

Hal inilah yang dapat berakibat buruk dan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh kita. Kondisi ini malahan bukannya membuat badan kita menjadi segar dan sehat, namun malah menimbulkan berbagai macam penyakit.

2. Mudah merasa lelah karena oksigen di udara lebih sedikit
Dampak bahaya lainnya yang muncul ketika kita melakukan olahraga berenang pada malam hari adalah mudah merasa lelah dan juga sesak pada bagian pernapasan. Hal ini disebabkan karena pada malam hari, kadar oksigen di dalam udara menjadi berkurang dan sedikit. Ya, berenang membutuhkan banyak sekali asupan oksigen.

3. Kedinginan yang bisa sebabkan masuk angin, demam & hipotermia
Suhu pada malam hari umumnya rendah atau dingin, ditambah dengan suhu dari air yang juga dingin, maka hal ini akan membuat Anda merasa kedinginan, bahkan masuk angin dan juga demam.

Dampak terburuknya adalah mengalami hipotermia, di mana tubuh akan terasa sangat dingin dan juga lemas, sehingga tidak bisa melakukan apa apa, yang dapat membuat Anda pingsan.

4. Ganggu jam biologis
Malam hari adalah waktu kita untuk tidur, sesuai dengan jam biologis. Apabila kita berenang pada malam hari, maka jam biologis pasti akan terganggu. Jam tidur akan bergeser dan berubah, sehingga kemungkinan besar dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

6. Insomnia
Jam biologis yang berubah dan juga tubuh yang terasa segar setelah terkena air dingin, kemungkinan besar dapat menyebabkan Anda terkena insomnia. Di mana tubuh tidak dapat tidur dalam waktu yang cukup lama. ** Baca juga: Penting, Konsumsi Segelas Air Putih Sebelum Minum Teh Atau Kopi

Jadi bila Anda tidak sempat untuk melakukan olahraga dan hanya punya waktu malam hari, lakukanlah olahraga yang ringan saja.(ilj/bbs)