Penting, Konsumsi Segelas Air Putih Sebelum Minum Teh Atau Kopi

Ilustrasi/bbs

Kabar6-banyak orang yang memiliki kebiasaan minum teh atau kopi, entah itu pada pagi atau sore hari. Bahkan menurut sebuah penelitian, sekira 70 persen orang dewasa di dunia merupakan peminum dua jenis minuman berkafein tersebut.

Kebanyakan peminum kopi atau teh memilih untuk mengonsumsinya di pagi hari karena dianggap bisa memberikan suntikan energi sebelum beraktivitas dan membuat tubuh lebih segar.

“Kafein merupakan zat utama yang dikandung dalam teh atau kopi meski kandungan kafein pada kopi lebih banyak dibandingkan dengan teh. Namun konsumsi kopi atau teh terlalu banyak juga bisa memberikan efek kesehatan yang merugikan seperti mudah cemas dan meningkatkan risiko penyakit jantung,” demikian tulis penelitian, seperti dilansir Dreamers.

Namun efek buruk ini bisa dicegah dengan melakukan satu hal penting sebelum meminum kopi atau teh, yaitu dengan meminum segelas air terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar air bisa membantu mencairkan kandungan kafein yang terkonsentrasi dan meminimalkan efek buruknya.

Hal ini karena ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan pH atau keasaman yang tinggi, maka akan muncul penyakit lain seperti mulas, kerusakan pada dinding perut, iritasi, hingga kanker usus besar yang mengerikan. ** Baca juga: Begadang Menaikkan Atau Menurunkan Berat Badan?

Jadi jangan lupa minum dulu segelas air putih sebelum menyeruput kopi atau teh, ya.(ilj/bbs)