oleh

Begini Diet yang Sehat untuk Pemula

Kabar6-Ada banyak jenis diet yang dapat dipilih untuk menurunkan berat badan, dan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Di sisi lain, usaha menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan mengatur waktu makan saja.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain porsi makan termasuk komposisi makanan, aktivitas dan olahraga (intensitas, jenis, durasi), serta manajemen stres.

Untuk membantu Anda dalam mencapai berat badan ideal, melansir meetdoctor, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan makanan Anda sehat, bukan makanan jenis olahan. Perbanyak sayur dan buah sehat. Hindari zat tambahan makanan seperti pewarna, pelembut, dan lain-lain.

Target pengurangan berat badan maksimal 1/2 kg per minggu, disertai dengan istirahat yang cukup dan hindari begadang. Anda juga harus mengendalikan stres dengan bijak.

Selain itu, olahraga teratur 30-45 menit sebanyak 3-4 kali seminggu, misalnya angkat beban, renang, jogging, basket, badminton, senam lantai, dan olahraga sejenisnya. Perbanyak juga minum air putih sekira 8-10 gelas per hari.

Kemudian, batasi makanan tinggi kalori (daging, jeroan, kulit hewan, camilan), perbanyak sayur dan buah. Biasakan makan dalam porsi kecil tapi teratur sebanyak tiga kali sehari.

Jangan lupa beri jeda waktu 2-3 jam setelah makan dan sebelum tidur. Terakhir adalah hindari rokok dan alkohol. ** Baca juga: Sering Tidak Disadari 5 Kesalahan Memasak Ikan yang Dilakukan dalam Keseharian

Namun, jika dalam 3-6 bulan usaha tadi belum kunjung menampakkan hasil yang memuaskan, sebaiknya periksakan langsung keluhan Anda ke dokter dan ahli gizi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru