oleh

Begini Cara Lurah Pakulonan Bantu Warganya yang Sedang Isoman

Kabar6-Lurah Pakulonan, Serpong Utara, Dwi Santoso mengaku di wilayahnya hanya terdapat 7 warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) dari sebelumnya mencapai 15 warga.

Pria yang akrab disapa Santos ini menerangkan, rata-rata yang menjalani isoman sembuh, karena suplai makanan sudah diberikan oleh warga yang lain dengan sistem gotong-royong, kemudian obat pihaknya meminta kepada Puskesmas agar disegerakan.

“Sekarang yang laporan ke kita tinggal 7 orang. RW 03 ada dua, semua RW ada cuma jumlahnya saya lupa, bantuan nya sembako aja, kalau saat ini khusus yang isoman doang (bantuannya, red),” ujarnya kepada Kabar6.com, ditulis Rabu (28/7/2021).

Menurutnya, gotong royong warga bantu warga sangat bagus, dan dijalankan dengan baik di cluster-cluster di wilayahnya, seperti memberikan suplai makanan pagi, siang, dan malam.

“Kaya makanan mateng tuh mereka membantu banget. Yang meninggal di kita ada satu org, memang penyakit komorbit (bawaan, red) yah, yang punya penyakit asma, dan lambung,” ungkapnya.

Untuk setuju gotong-royong efektif untuk menekan angka Covid-19, Santos mengatakan, tergantung situasi dan kondisi. Dirinya setuju jika warga isoman tetapi tidak memiliki penyakit bawaan.

“Kalau kondisinya ga ada komorbit setuju nih isoman efektif, kalau ada komorbit saran saya cepet bawa ke Rumah Sakit. Kalau di RS juga warga nya bantu. orang tua nya nih dan anak-anak yang masih kecil kita bantu gitu,” paparnya.

Santos menjelaskan, pihaknya menerapkan program asah, asih, asuh kepada warga yang sedang isoman, dengan cara memberikan sembako kepada warga yang terdampak.

Menurutnya, di wilayahnya saat ini belum sampai kepada zona oranye. Masih menurutnya, saat ini Pakulonan masih berada di zona kuning karena warga yang positif semakin berkurang.

**Baca juga: Menteri Tito Pesan Pemprov Banten Cepat Pasok Vaksin Covid-19

“Kalau (misalnya, red) kita di zona merah sih kita langsung kordinasi dengan pihak BPBD dan Dinkes Tangsel. Paling kita penanganan nya sih dari kelurahan banti penyemprotan himbauan protokol kesehatan,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru