oleh

Bayam, Si Superfood dengan 5 Manfaat Tak Terduga

Kabar6-Sebagian besar orang menyukai bayam, entah itu diolah menjadi sayur, direbus, atau dibuat keripik. Karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti vitamin dan mineral, bayam disebut sebagai superfood.

Bayam memiliki manfaat bagi kesehatan mulai dari memberi energi untuk tubuh hingga mengurangi risiko terkena kanker. Melansir tempo.co, beberapa manfaat tak terduga yang didapat dari bayam:

1. Tingkatkan energi
Satu cangkir bayam yang dimasak menawarkan 157 miligram magnesium dan merupakan hampir 40 persen dari asupan harian. Direktur nutrisi di Center for Balanced Health, Valerie Goldstein, M.S., R.D. mengatakan bahwa bayam bisa meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi lain yang dapat meningkatkan tingkat energi karena membantu mengangkut oksigen melalui sel darah merah.

2. Lindungi penglihatan
Memasukkan lebih banyak sayuran berdaun ini di piring Anda dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Bayam dianggap sebagai salah satu sumber alami terbaik lutein dan zeaxanthin. Keduanya memiliki fungsi antioksidan penting.

Dalam Scripps Research Institute tercatat, konsumsi tiga porsi bayam per minggu berhubungan dengan risiko 43 persen lebih rendah terkena degenerasi makula.

3. Bantu kulit & rambut lebih sehat
“Bayam kaya akan vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembap,” kata Megan Ware, ahli gizi terdaftar di Orlando, Florida. Ditambahkan, “Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Bayam juga menawarkan dosis vitamin C yang baik, nutrisi yang dapat memberikan banyak manfaat seperti rambut yang lebih kuat, pertumbuhan kuku, mengurangi kulit kering dan kerutan.

4. Tingkatkan kepadatan tulang
Bayam adalah sumber kalsium dan vitamin K yang baik, dua nutrisi yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Sayuran ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, menjadikannya komponen yang berharga dalam diet osteoporosis.

Hal yang perlu diingat, bayam juga mengandung asam oksalat, yang dapat mengurangi seberapa banyak nutrisi ini diserap oleh tubuh Anda. Pastikan untuk menggabungkan bayam dengan kacang kedelai, produk susu, makanan yang diperkaya, dan sumber lainnya.

5. Kurangi risiko kanker
Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat mengurangi risiko kanker, keberadaan antioksidan dalam bayam diyakini memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker. Beta-karoten dan vitamin C membantu memblokir radikal bebas dan zat penyebab kanker sebelum mereka dapat merusak. ** Baca juga: Apa Sih Beda Antara Sedih dengan Depresi?

Konsumsi bayam dapat membantu melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan lambung. Selain itu dikatakan para peneliti, kandungan folat dan serat dalam sayuran ini juga bisa memiliki efek menguntungkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru