oleh

Bantuan Prolisdes Akan Mengaliri 600 Rumah Di Serang

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan memberikan bantuan Program Listrik Pedesaan (Prolisdes) terhadap 600 rumah yang belum teraliri listrik. Rumah-rumah ini tersebar di 29 kecamatan di Kabupaten Serang.

“Bantuan Prolisdes itu berupa pemasangan instalasi rumah (IR) dan sambungan rumah (SR). Pemasangan instalasi sudah selesai, tinggal pemasangan KWH,” kata Heriyadi M Sena’aji, Kepala Bidang (Kabid) Energi Dinas KPESDM Kabupaten Serang di Serang, Selasa (23/7/2013).

Disebutkan, bantuan Prolisdes menggunakan APBD Murni Kabupaten Serang senilai Rp 2,5 miliar. “Ini berdasarkan pengajuan proposal dari Pemerintah Desa (Pemdes) pada 2012 yang terealisasi tahun ini,” ujar Heriyadi.

Heriyadi berharap, pemerintah Kabupaten Serang maupun DPRD setempat dapat merealisasikan penambahan anggaran pada APBD perubahan mendatang, karena bantuan tersebut hanya untuk 600 rumah dari 14.400 rumah yang belum teraliri listrik.

Sementara itu, Ketua Harian Badan Anggaran (Banang) DPRD Kabupaten Serang H Najib Hamas mengakui, penuntasan bantuan Prolisdes memang belum optimal.

Sebagai solusi, untuk bantuan SR dan IR, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Banten.

“Kita akan berkoordinasi dengan Distamben Banten agar bisa membantu bagian rumah warga di Kabupaten Serang yang belum teraliri akses penerangan listrik,” kata Najib.

Ia juga berjanji akan mendorong Pemkab Serang agar bantuan untuk Prolisdes dimasukkan pada APBD sebagai salah satu Rencana Jangka Menengah Pembangunan Daerah (RPJMD) sekitar 75 persen dari dana yang tersedia.(ant/yps)

Berita Terbaru