oleh

Apa yang Membuat Suara Seseorang Lebih Menarik Dibanding Lainnya?

Kabar6-Sering kita terpana mendengar suara seseorang yang terdengar menarik atau merdu, terlebih bila suara itu memiliki ciri khas tersendiri. Mengapa ada suara yang lebih menarik dibandingkan dengan suara yang lain?

Penelitian sebelumnya menunjukkan, pria tertarik pada wanita dengan suara bernada tinggi, yang dikaitkan dengan tingkat estrogen yang tinggi. Lantas, bagaimana dengan wanita? Mereka lebih memilih pria yang bersuara ‘dalam’ karena berkaitan dengan testosteron.

Tetapi penemuan terbaru, melansir huffingtonpost, menunjukkan bahwa kita juga dapat tertarik pada suara yang mirip dengan suara kita sendiri, karena persamaan membuat kita merasa dalam satu grup sosial yang sama.

“Suara merupakan alat yang mengagumkan dan sangat fleksibel yang kita gunakan untuk membentuk identitas diri. Sangat sedikit yang bisa kita ubah dari suara kita, sehingga preferensi kita harus lebih dari bentuk dan ukuran seseorang” jelas Dr. Molly Babel, seorang professor ahli bahasa di the University of British Columbia, Kanada.

Pada penelitian terbaru yang dilakukan terhadap mahasiswa dan mahasiswi di California, menunjukkan ketertarikan terhadap 60 jenis suara (30 pria, 30 wanita) yang dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di Mississippi River.

Para peneliti menemukan, banyak pria dan wanita memilih suara orang-orang yang berasal dari daerah mereka sendiri. Suara yang digunakan kebanyakan berasal dari California, tetapi ada beberapa yang berasal dari daerah tetangga.

Tiga suara berasal dari daerah yang jauh seperti Minnesota. Suara-suara ini bervariasi karena mencakup berbagai daerah sehingga terdapat rentang dialek, tetapi ternyata mereka tidak terlalu bervariasi.

Tidak mudah untuk mengenali aksen dari selatan Amerika atau aksen New York atau New Jersey. Pemilihan kata yang digunakan juga membantu mempersempit variabilitas yang ada.

Semua pendengar pada studi yang dilakukan ini adalah kelahiran dan besar di California paling tidak sejak masa balita, dan juga merupakan mahasiswa dari the University of California, Santa Cruz, saat studi ini dilakukan. ** Baca juga: Sandal Jepit & Sepatu Hak Tinggi Sama-sama Berbahaya?

Studi ini juga menggunakan lebih banyak populasi pada pendengar daripada populasi pembicara. Hal menarik, para pendengar yang berasal dari California ini memiliki preferensi untuk suara yang terdengar khas, tapi sebenarnya ini berarti berbeda untuk suara pria dan wanita.(ilj/bbs)

Berita Terbaru