oleh

Sandal Jepit & Sepatu Hak Tinggi Sama-sama Berbahaya?

Kabar6-Selama ini memakai sepatu hak tinggi atau high heels dalam jangka lama tidak disarankan dari segi kesehatan. Namun siapa sangka, sandal jepit ternyata memiliki efek yang sama dengan high heels.

Dr. Lorry Melnick dari Cherry Creek Foot Clinic mengatakan, sandal jepit dapat menimbulkan efek samping karena kaki tidak terlindungi.

Asosiasi American Podiatric Medical, melansir AOL, mengatakan bahwa sandal jepit dapat menyebabkan tendinitis, yaitu salah satu jenis penyakit tendon atau jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang terjadi peradangan atau iritasi yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri di sekitar persendian, dan pergelangan kaki terkilir karena biasanya sandal jepit tidak melindungi kaki secara menyeluruh.

Bentuk sandal jepit yang kurang tertutup dapat menyebabkan terjadinya plantar fascitis atau nyeri tumit. Jadi menggunakan sandal jepit mempunyai efek samping yang hampir sama dengan penggunaan sepatu berhak tinggi.

Selain itu, sandal jepit tidak melindungi kaki apabila mengenai atau tergesek benda tajam. Namun bila Anda tetap ingin menggunakan sandal jepit disarankan tidak lebih dari dua jam sama, seperti saat menggunakan sepatu berhak tinggi.

Pilihan yang baik untuk mencari alas kaki yang baik adalah yang dapat menopang bentuk kaki dengan baik. Banyak toko olahraga yang menyediakannya atau Anda dapat tanyakan kepada dokter. ** Baca juga: Menahan Sakit dengan Berteriak ‘Aduh’ Bantu Rasa Nyeri Berkurang

Jadi apabila Anda merasakan nyeri di sepanjang bagian bawah kaki atau daerah pergelangan kaki, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru