Apa Saja Keuntungan Diet Rendah Karbohidrat?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Apakah Anda saat ini tengah menjalankan diet? Jenis diet apa yang Anda pilih? Dari sekian macam diet, salah satu yang populer adalah diet rendah karbohidrat, yaitu diet yang membatasi asupan makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, roti, pasta, dan biji-bijian.

Disebutkan dalam penelitian yang ditulis pada The New England Journal of Medicine, diet karbo mampu menurunkan berat badan responden dibandingkan responden yang melakukan diet konvensional. Jadi, apa saja keuntungan diet rendah karbohidrat?

1. Turunkan tekanan darah
Diet rendah karbohidrat adalah cara yang efektif untuk mengurangi tekanan darah, yang bisa mengarah pada penurunan risiko penyakit-penyakit lain dan membantu Anda hidup lebih lama.

2. Kontrol diabetes
Pola makan masyarakat urban yang tinggi karbohidrat dan lemak, kemungkinan adalah penyebab di balik peningkatan penderita diabetes. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal NCBI, penderita diabetes yang melakukan diet karbohidrat menunjukkan peningkatan kesehatan yang signifikan.

3. Batasi ketergantungan pada gula
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalau sugar craving (keinginan untuk mengonsumsi makanan yang kaya gula secara berlebihan), membuat konsumen layaknya kecanduan obat-obatan terlarang. Padahal, konsumsi gula berlebih tak baik untuk tubuh.

Dalam penelitian yang dimuat di NCBI diungkapkan, melakukan diet rendah karbohidrat dapat mengurangi sensasi sugar craving. Selain itu, preferensi untuk mengonsumsi makanan tinggi gula menurun secara signifikan pada responden yang melakukan diet rendah karbohidrat. ** Baca juga: Hal Sepele yang Bantu Turunkan Berat Badan

Berminat melakukan diet rendah karbohidrat? (ilj/bbs)