Hal Sepele yang Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada beberapa hal yang sering Anda dengar seputar diet, antara lain diet harus dibarengi olahraga rutin atau jauhi karbohidrat serta hanya mengonsumsi sayuran atau buah-buahan.

Nah tahukah Anda, ada beberapa hal sepele sehari-hari yang ternyata bisa bantu menurunkan berat badan, lho. Apa sajakah itu? Melansir Cosmopolitan, berikut beberapa hal yang dimaksud:

1. Perbanyak asupan air putih
Mulailah hari Anda dengan minum 1-2 gelas air sebelum beraktivitas. Ada banyak studi yang telah membuktikan bahwa metabolisme tubuh dapat naik saat Anda rajin minum air putih. Selain itu, asupan air yang cukup juga bisa menahan keinginan untuk mengemil.

2. Perhatikan tekstur makanan
Mungkin Anda sering ‘lupa diri’ dan menghabiskan satu mangkuk es krim cream saat sedang santai di rumah. Es krim memiliki tekstur yang lembut dan meleleh, sehingga Anda dapat dengan mudah melahapnya. Nah, karena tidak perlu banyak mengunyah, Anda pun cenderung makan berlebihan. Jadi cobalah hindari dulu tekstur makanan yang membuat Anda ‘lupa diri’.

3. Tidur yang cukup
Menurut American Psychological Association, kekurangan tidur dapat menaikkan level stres, melemahkan sistem imun, dan menaikkan berat badan. Ya, saat kurang tidur hormon stres kortisol akan meninggi, dan cara tubuh menurunkan kortisol adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya lemak dan karbohidrat. Jadi usahakan tidur tujuh jam setiap malam untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

4. Siapkan sarapan yang sehat pada malam sebelumnya
Apabila Anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan karena terburu-buru, solusinya adalah sisihkan waktu pada malam hari untuk menyiapkan sarapan yang lezat dan bernutrisi.

5. Hindari kebiasaan makan sambil bekerja
Kebiasaan makan sambil bekerja akan membuat Anda makan berlebihan. Jadi singkirkan pekerjaan sementara waktu, sehingga Anda sadar akan porsi makanan yang dikonsumsi.

6. Perhatikan konsumsi minyak
Konsumsi minyak yang berlebihan bisa menambahkan ratusan kalori ke dalam tubuh. Minyak kelapa dan olive oil memang lebih sehat dari minyak biasa, namun kandungan kalorinya tetap sama. Solusinya, kurangi makanan berminyak jika ingin menurunkan berat badan dengan efektif. ** Baca juga: Bikin Asyik, Kunyah Permen Karet Ternyata Miliki Dampak Buruk

Selamat mencoba.(ilj/bbs)