oleh

Apa Alasan Terapi Musik Bisa Bantu Atasi Berbagai Masalah Kesehatan?

Kabar6-Banyak orang yang memilih musik sebagai ‘wadah’ untuk menuangkan stres dan penat. Hal ini karena musik dapat menstimulasi otak untuk lebih rileks. Apakah musik juga bisa menjadi terapi untuk membantu mengurangi masalah kesehatan?

Ada enam fakta, melansir Allwomenstalk, yang menjadi alasan mengapa terapi musik bisa membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Apa sajakah itu?

1. Musik berhubungan dengan mood
Musik dapat membantu mengubah mood atau bahkan membuat mood Anda menjadi lebih baik. Musik yang didengarkan pun sebenarnya tergantung pada mood Anda.

2. Membuat lebih rileks
Berbagai penelitian menemukan, musik yang berasal dari kebudayaan tempat asal seseorang merupakan terapi paling efektif untuk menyembuhkan dan menenangkan. Mendengarkan musik dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan rileks.

3. Menstimulasi saraf
Setiap jenis musik berbicara pada seseorang dengan cara yang berbeda-beda. Banyak penelitian menemukan, musik klasik dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman dan rileks.

Sementara itu, musik rock and roll atau heavy metal mungkin dapat membuat pikiran Anda terasa kacau. Hal inilah yang membuat musik dapat mengubah mood seseorang dari marah menjadi bahagia.

4. Bantu atasi berbagai gangguan kesehatan
Terapi musik ternyata juga dapat membantu penderita autisme, demensia, dan bahkan membantu perkembangan bayi. Selain itu, musik juga dapat membantu Anda mengatasi insomnia atau depresi.

5. Pengaruhi gelombang otak
Para peneliti telah menemukan bahwa setiap nada di dalam suatu lagu juga dapat menstimulasi gelombang otak manusia. Semakin cepat irama lagu yang didengar, maka Anda pun akan semakin bersemangat dan siaga. Semakin lambat irama lagu yang didengar, maka Anda pun akan merasa lebih rileks dan tenang.

6. Bantu temukan emosi tersembunyi
Para ahli terapis sekarang ini banyak menggunakan musik untuk menemukan berbagai emosi atau perasaan yang tersembunyi, yang bahkan tidak disadari oleh pasien.

Hal ini terutama sangat berguna untuk menemukan penyebab terjadinya depresi, gangguan cemas, atau penyebab trauma. ** Baca juga: Demi Kesehatan Jangan Lakukan Hal Ini Saat Berada dalam Pesawat

Jenis musik apa yang menjadi favorit Anda?(ilj/bbs)

Berita Terbaru