oleh

Anderson, Pria AS yang Sudah 15 Kali Ditolak Jadi Astronaut NASA

Kabar6-Seorang pensiunan astronaut asal Nebraska, Amerika Serikat (AS), bernama Clay Anderson memiliki kisah unik saat melamar menjadi kandidat astronaut NASA.

Dalam dalam buku biografinya berjudul ‘The Ordinary Spaceman’, melansir businessinsider, Anderson mengaku sudah sebanyak 15 kali ditolak saat melamar menjadi astronaut NASA. “Saya suka berpegang teguh pada kenyataan bahwa saya selalu bisa mengatakan ‘lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali’, tetapi pada titik ini semuanya bersifat akademis,” kata Anderson.

Hal yang menarik, karena sudah belasan kali ditolak NASA, Anderson mengaku merasa biasa saja ketika mendapati surat penolakan lagi dari NASA. Dia bahkan menyebut benar-benar merasakan ada sebuah harapan setiap kali dia menerima penolakan.

Hingga akhirnya Anderson memutuskan bahwa upayanya yang ke-16 akan menjadi yang terakhir. Benar saja, Anderson pun diterima menjadi astronaut NASA. ** Baca juga: Pertama Kali, Darah Buatan Laboratorium Inggris Disuntikkan ke Manusia

Pada 2007, Anderson menaiki Space Shuttle Atlantis untuk perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional sebagai insinyur penerbangan pada hari ulang tahun ayahnya, dan kembali ke Bumi lima bulan kemudian pada ulang tahun pernikahannya. Tiga tahun kemudian, pria itu pergi ke luar angkasa untuk kedua kalinya sebagai spesialis misi di STS-131.

Anderson adalah astronaut pertama dan satu-satunya dari Nebraska dan telah mencatat 167 hari di luar angkasa, termasuk lebih dari 38 jam di luar angkasa.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email